ANALISIS KESULITAN BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 SURUH

Authors

  • Sartika Maria Ulfah Universitas Slamet Riyadi
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi
  • Ratna Widyaningrum Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2977

Keywords:

Kesulitan Belajar, Tematik Integratif, Faktor Kesulitan Belajar, Solusi

Abstract

Berdasarkan observasi di SDN 1 Suruh Kecamatan Tasikmadu ditemukan terdapat kesulitan belajar tematik integratif yang dialami oleh peserta didik kelas 5. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik dan memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar tematik integratif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa kelas 5 SDN 1 Suruh berada pada kategori sedang, berarti hanya mengalami kesulitan pada materi-materi tertentu dan dapat diatasi dengan pendalaman materi-materi tersebut. Sedangkan kesulitan dalam pembelajaran tematik integratif khususnya dalam menulis dan menghitung. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi meliputi: motivasi atau cita-cita, kebiasaan belajar, dan sikap atau perilaku, dan faktor eksternal: lingkungan keluarga dan lingkungan Sekolah. Solusi yang diberikan : membuat kelompok belajar dengan tutor sebaya maupun dengan guru sebagai fasilitator dan pembimbing, memberikan tambahan pelajaran, memberikan motivasi juga nasehat, dan memberikan trik-trik menghitung cepat yang menyenangkan.

Author Biographies

Sartika Maria Ulfah, Universitas Slamet Riyadi

PGSD

Anita Trisiana, Universitas Slamet Riyadi

PGSD

Ratna Widyaningrum, Universitas Slamet Riyadi

PGSD

References

Anggraini Dhian K. 2016. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 180-181.

Dhiniaty Gunarso. 2017. Analisis Kesulitan Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3(2).72-73.

Yulandari, Soewalni, dan Ratna W. 2016. Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III B Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP. Vol.1, No.1

Prasetyo, Hera Heru, dan Ratna W. 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP.

Trisiana, A. 2015. The

Development Strategy Of Citizenship Education In Civic Education Using Project Citizen Model In Indonesia. JPER.23(2).112.

_________. 2017. The

Challenges For The Development Of Character Education In Building Civic Responbility Through Multiculturalism Perspective. 1(1). 83.

PlumX Metrics

Published

2019-12-03

Most read articles by the same author(s)