PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2802Keywords:
Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika, Berpikir KritisAbstract
Tujuan penelitian mengetahui berpengaruh tidaknya permainan engklek berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif metode Pre-Eksperimental. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data Paired Sample T-Test dan uji N-Gain.Berdasarkan hasil analisis data statistik Paired Sample T-Test, terdapat –thitung -16,833 dibandingkan –ttabel dengan d.b = (N-1) jadi (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% yaitu -2,032atau -16,833 < -2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III Materi Bangun Datar SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya dengan taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh berdasarkan N-Gain 0,55 yaitu kategori sedang.
References
Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Diterjemahkan oleh: Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.
Agustina Dhevin Merinda Damayanti dan Rosa Dina Putranti. 2016. Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Matematika dan Terapannya. P-ISSN: 2550-0384; e-ISSN: 2550-0392.
Ennis, R.H. 1985. Goal Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa, A.L. (Ed): Developing Minds: Resorce Book for Teaching Thinking. Alexandria, Virginia: Association For Suvervision and Curriculum Developing (ASCD). Hal. 63-65.
Ema Butsi Prihastari. 2015. Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1, No. 2, Oktober 2015. page:155-162.
Kurumeh. 2004. Pengaruh Pendekatan Pengajaran Ethnomatematics Pada Prestasi Sisa Dan Minat Dalam Geometri Dan Pengukuran. Tesis Ph.D . tidak dipublikasikan. Universitas Nigeria, Nsukka.
Noviana Dini Rahmawati, Achmad Buchori dan Bhihikmah. 2017. Pengembangan Strategi Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2, No.2. p-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sujiartiningsih. 2011. Mengembangkan Nilai Luhur dengan Permainan Tradisional. PT Pantja Simpati.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.