PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2989Keywords:
Demonstrasi, Video, Pembelajaran Tematik IntegratifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi didukung video terhadap pembelajaran tematik pada peserta didik kelas V SD N Banyuanyar III tema 6 sub tema 2 pembelajaran 3. Metode penelitian ini menggunakan tes (pretest-posttest),observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pretest-posttest digunakan sebagai metode utama untuk mengetahui hasil penilaian kognitif. Sedangkan analisis afektif dan psikomotorik digunakan sebagai penunjang hasil belajar pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan signifikan dengan rata – rata pretest sebesar 5,17 dan posttest sebesar 8,41. Kemudian hasil uji paired sample t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig 0,000 Ë‚ 0,05. Selain itu diperoleh nilai thitung sebesar 8,513. Selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan (n-1) jadi (36-1) = 35 didapat bahwa thitung > ttabel atau 8.513 > 2,030. Kemudian, nilai lower -2.63174 dan upper -1.61826 yang berarti Ha diterima. Disimpulkan “Ada pengaruh Metode Demonstrasi didukung Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pembelajaran Tematik Tema 6 Sub Tema 2 Pembelajaran 3 SD N Banyuanyar III No.160 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019â€.
References
Bening Sri Palupi, Suhartono, dan Tri Saptuti Susiani. 2014. Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Video Pada Kelas IV SD. Jurnal. FKIP PGSD UNS.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Oktiana Handini. 2019. Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di SD Kestalan Surakarta.Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi. Volume 14. Nomor 1. Surakarta
Dela Ayu Kaswadi, Eko Wulandari, dan Trisiana A. 2019. Pentingnya Komunikasi Sosial Budaya Di Era Globalisasi Dalam Perspektif Nilai Pancasila.Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi.
Trisiana, A. 2015. The
Development Strategy Of Citizenship Education In Civic Education Using Project Citizen Model In Indonesia. JPER.23(2).112.
Wirdayanti, Jamaludin, dan Hasdin. 2015. Meningkatkan Hasil Prestasi Siswa Kelas IV SDN Lopito Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi.Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.