ANALISIS PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IIIA
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5296Keywords:
role playing model, integrative thematic learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model role paying, 2). Untuk mengetahui ke efektivitas penerapan model role playing, 3). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disumpulkan bahwa: 1) Kelebihan dalam penggunaan model role playing yaitu peserta didik bisa langsung ikut aktif dalam bemain, sedangkan dalam kekurangan model role playing yaitu peserta didik masih kurang diri, 2) penerapan model role paying sudah cukup baik, 3) adanya hambatan dan kendala yang terjadi mampu di atasi oleh guru yang bersangkutan.
References
Asep Priatna & Ghea Setyarini. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sd Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal: STKIP Subang.
Hamalik Hamzah. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Lexy J. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Dan Pembelajaran Isu Isu Dan Paradigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Oktiana Handini, Soewalni Soekirno. 2019. “Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di SD Kestalan Surakartaâ€. Jawa Tengah Widya Wacana 14 (1)
Oktiana Handini & Sarafuddin. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Tematik Integrative Melaui Collaboration Model Di Sekolah Dasar Kota Surakartaâ€. Jawa Tengah. Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) 5 (2).
Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20. 2018. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SINEKTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.