ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DI SD NEGERI BANYUANYAR 3 SURAKARTA

Authors

  • Noer Halimah Universitas Slamet Riyadi
  • Sutoyo Sutoyo Universitas Slamet Riyadi
  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4048

Keywords:

problem solving, story breaking.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) sejauh mana kemampuan menganalisis pemecahan masalah pada soal cerita peserta didik di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta, 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika peserta didik di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peserta didik dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik. Peserta didik dengan kategori sedang peserta didik mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik, namun masih salah dalam menghitung pada penyelesaiannya. Sedangkan peserta didik dengan kategori rendah belum mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik. (2) Faktor yang mempengarui kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika adalah faktor pemahaman peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika.

References

Aulia Rahmawati. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM). 1 (2). 46-51

Ema Butsi Prihastari dan Ratna Widyaningrum. 2018. Implementasi Media Mas Novel Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SD. Seminar Nasional Pendidikan: Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Era Disrupsi, Surakarta. 23-36.

Endang Setyo W, dan Sri Harmini. 2012. Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Herlita A, Sofiyan, dan Alpidsyah P. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Maslah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Journal of Basic Education Studies. 2 (1). 132-142

Rinda Azmi S. 2019. Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 3 (2019). 21-38

Ruhyana. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Komputech dan Bisnis. 10 (2). 106-118

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. 2016. Matematika Untuk Guru dan Calon Guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Ummu, F. S. 2018. Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (2). 98-104

Downloads

Published

2023-04-01