ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DI SD NEGERI BANYUANYAR 3 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4048Keywords:
problem solving, story breaking.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) sejauh mana kemampuan menganalisis pemecahan masalah pada soal cerita peserta didik di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta, 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika peserta didik di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peserta didik dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik. Peserta didik dengan kategori sedang peserta didik mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik, namun masih salah dalam menghitung pada penyelesaiannya. Sedangkan peserta didik dengan kategori rendah belum mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik. (2) Faktor yang mempengarui kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika adalah faktor pemahaman peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika.
References
Aulia Rahmawati. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM). 1 (2). 46-51
Ema Butsi Prihastari dan Ratna Widyaningrum. 2018. Implementasi Media Mas Novel Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SD. Seminar Nasional Pendidikan: Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Era Disrupsi, Surakarta. 23-36.
Endang Setyo W, dan Sri Harmini. 2012. Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herlita A, Sofiyan, dan Alpidsyah P. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Maslah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Journal of Basic Education Studies. 2 (1). 132-142
Rinda Azmi S. 2019. Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 3 (2019). 21-38
Ruhyana. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Komputech dan Bisnis. 10 (2). 106-118
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman. 2016. Matematika Untuk Guru dan Calon Guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Ummu, F. S. 2018. Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (2). 98-104
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SINEKTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.