ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4067Keywords:
Learning Outcomes, Thematic Learning.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 2) hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 3) kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran jarak jauh belum terlaksana dengan optimal. (2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran secara langsung pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata 80, aspek psikomotorik menunjukkan nilai rata-rata 84, dan aspek afektif menunjukkan hasil yang bagus. Sedangkan pada pembelajaran jarak jauh hasil belajar peserta didik meningkat, rata-rata aspek kognitif menjadi 83, rata-rata aspek psikomotorik menjadi 82, penilaian afektif menunjukan hasil yang bagus. (3) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
References
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: DEPDIKNAS.
Henry Aditia Rigianti. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School. 7 (2).
Heronimus Delu Pingge dan Muhammad Nur Wangid. 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2(1).
Riski Ananda dan Fadhilaturrahmi. 2018. Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu. 2 (2).
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.
Sartika Maria Ulfah, Anita Trisiana, dan Ratna Widyaningrum. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Tematik Integratif Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 1 Suruh. Jurnal Sinektik. 2 (1).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SINEKTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.