Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Kompetensi Dasar Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2021/2022

Penulis

  • Agus Tugiyanto Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anita Trisiana universitas slamet riyadi
  • siti Supeni universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8829

Abstrak

ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi prosedur dan cara menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek ini dipilih berdasarkan hasil nilai ulangan semester I yang menuujukkan bahwa kelas IV mempunyai nilai rata-rata kelas dan ketuntasan kelas yang rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptis komparatif yang membandingkan antara nilai tes pada siklus I (pertama), dengan nilai tes pada siklus II (kedua).

 Kriteria keberhasilan tindakan untuk hasil belajar adalah dengan batas tuntas 75 (KKM = 75) dan ketuntasan kelas sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PPKn pada kondisi awal (tes kemampuan awal), siklus I, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata-rata kelas hanya 77,44. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 79,22 dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 berjumlah 24 siswa. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 85,11 dan ketuntasan kelas menjadi 100% dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 berjumlah 27 siswa.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBL)  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Prestasi Belajar, Hak dan Kewajiban.

Diterbitkan

2023-07-01

Cara Mengutip

Tugiyanto, A. ., Trisiana, A. ., & Supeni, siti. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Kompetensi Dasar Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 11–16. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8829

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>