PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK PENYELENGGARAAN KEKUASAAN NEGARA (Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.3979Keywords:
Pendekatan Pembelajaran, Scientific Approach, Hasil Belajar PPKnAbstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui Pengaruh Pembelajaran Scientific Approach Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA2. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu paired sample t-test. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa thitung sebesar 12,412. d.b = (N-1) sehingga (36-1) = 35 dalam taraf signifikansi 5% adalah 2,030. Jadi thitung lebih besar dari ttabel atau 12,412 > 2,030, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis“Ada Pengaruh Pembelajaran Scientific Approach Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020†dengan taraf signifikansi yang sebesar 5%, bisa dibuktikan kebenarannya.
References
Abdul, M. (2014). Strategi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bambang, R. (2006). Dasar-Dasar
Pembelajaan Perusahaan (keempat).
Yogyakarta: BPFE.
Dahliana, D., Setiawati, N. S., & Taufina,
T. (2019). Pengaruh Pendekatan
Saintifik Terhadap Hasil Belajar
Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah
Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan
Dasar), 2(2), 130–135.
https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.221
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran
Saintifik Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Gava Media.
Hastuti, lastian dwi. (2017). Pengaruh
Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi
Belajar IPA. Trihayu: Jurnal
Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 107–111.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan
Konstektual Dalam Pembelajaran
Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kurniasih, S. (2014). Strategi-Strategi
Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2012). Model-Model
Pembelajaran Mengembangkan
Profesionalisme Guru (Kedua).
Bandung: Raja Grafindo Persanda.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning
Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Sutrisno, H. (2004). Metodologi research.
Yogyakarta: Andi Offset.
Trisiana, A. (2015). Action For Citizenship
Education Of Character Education
Using Project Citizen Model At Senior
High School In Indonesia.
International Journal of Education
and Psychology in the Community
IJEPC, 5 (1 & 2), 42–53. Retrieved
from
https:/www.ceeol.com/search/article-
detail?id=329822
Trisiana, A., & Ayu, F. (2018). Penguatan
Pancasila Dalam Perbuatan (Alternatif
Tindakan Kuratif Di Era Globalisasi).
Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian
Pendidikan Kewarganegaraan, 4 (2),
–19. Retrieved from
http://scholar.google.com/scholar?oi=b
ibs&cluster=7788714995424110860&
btnl=1&hl=en
Trisiana, A., Kaswad, D. A., & Wulandari,
E. (2019). Pentingnya Komunikasi
Sosial Budaya Di Era Globalisasi
Dalam Perspektif Nilai Pancasila.
Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah
Kajian Pendidikan Kewarganegaraan,
(2), 62–71. Retrieved from
http://scholar.google.com/scholar?oi=b
ibs&cluster4630367508143877108&bt
nl=1&hl=en
Trisiana, A & Sutoyo. (2017). Strategies Of
Teaching Materials Development Of
Character - Based Civic Education. The
Social Sciences. Vol 12 (11), pp.
Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain
Pengembangan Model Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan Melalui
Addie Model Untuk Meningkatkan
Karakter Mahasiswa Di Universitas
Slamet Riyadi Surakarta1. Journal
Article PKn Progresif, 11 (1)(159079),
–19. Retrieved from
https://www.neliti.com/publications/159079
/desain-pengembangan-model-
pembelajaran-pendidikan-
kewarganegaraan-melaluiaddie
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.