PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK PENYELENGGARAAN KEKUASAAN NEGARA (Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020)

Authors

  • felisia mega sri ayu Slamet Riyadi University
  • Siti Supeni
  • Sugiaryo Sugiaryo

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.3979

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Scientific Approach, Hasil Belajar PPKn

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui Pengaruh Pembelajaran Scientific Approach  Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran  2019/2020. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA2. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu paired sample t-test. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa thitung sebesar 12,412. d.b = (N-1) sehingga (36-1) = 35 dalam taraf signifikansi 5% adalah 2,030. Jadi thitung lebih besar dari ttabel atau 12,412 > 2,030, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis“Ada Pengaruh Pembelajaran Scientific Approach  Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran  2019/2020†dengan taraf signifikansi yang sebesar 5%, bisa dibuktikan kebenarannya.

References

Abdul, M. (2014). Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bambang, R. (2006). Dasar-Dasar

Pembelajaan Perusahaan (keempat).

Yogyakarta: BPFE.

Dahliana, D., Setiawati, N. S., & Taufina,

T. (2019). Pengaruh Pendekatan

Saintifik Terhadap Hasil Belajar

Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah

Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan

Dasar), 2(2), 130–135.

https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.221

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran

Saintifik Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Gava Media.

Hastuti, lastian dwi. (2017). Pengaruh

Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi

Belajar IPA. Trihayu: Jurnal

Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 107–111.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan

Konstektual Dalam Pembelajaran

Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, S. (2014). Strategi-Strategi

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model

Pembelajaran Mengembangkan

Profesionalisme Guru (Kedua).

Bandung: Raja Grafindo Persanda.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning

Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Sutrisno, H. (2004). Metodologi research.

Yogyakarta: Andi Offset.

Trisiana, A. (2015). Action For Citizenship

Education Of Character Education

Using Project Citizen Model At Senior

High School In Indonesia.

International Journal of Education

and Psychology in the Community

IJEPC, 5 (1 & 2), 42–53. Retrieved

from

https:/www.ceeol.com/search/article-

detail?id=329822

Trisiana, A., & Ayu, F. (2018). Penguatan

Pancasila Dalam Perbuatan (Alternatif

Tindakan Kuratif Di Era Globalisasi).

Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian

Pendidikan Kewarganegaraan, 4 (2),

–19. Retrieved from

http://scholar.google.com/scholar?oi=b

ibs&cluster=7788714995424110860&

btnl=1&hl=en

Trisiana, A., Kaswad, D. A., & Wulandari,

E. (2019). Pentingnya Komunikasi

Sosial Budaya Di Era Globalisasi

Dalam Perspektif Nilai Pancasila.

Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah

Kajian Pendidikan Kewarganegaraan,

(2), 62–71. Retrieved from

http://scholar.google.com/scholar?oi=b

ibs&cluster4630367508143877108&bt

nl=1&hl=en

Trisiana, A & Sutoyo. (2017). Strategies Of

Teaching Materials Development Of

Character - Based Civic Education. The

Social Sciences. Vol 12 (11), pp.

Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain

Pengembangan Model Pembelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan Melalui

Addie Model Untuk Meningkatkan

Karakter Mahasiswa Di Universitas

Slamet Riyadi Surakarta1. Journal

Article PKn Progresif, 11 (1)(159079),

–19. Retrieved from

https://www.neliti.com/publications/159079

/desain-pengembangan-model-

pembelajaran-pendidikan-

kewarganegaraan-melaluiaddie

Published

2020-12-04

How to Cite

ayu, felisia mega sri, Supeni, S., & Sugiaryo, S. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK PENYELENGGARAAN KEKUASAAN NEGARA (Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 43–57. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.3979

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>