PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR FILM PENDEK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS XI MAN 1 SURAKARTA
Alfian Yuda Pratama, Anita Trisiana, Ama Farida Sari
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11547Abstract
Peneliitianl ini dibuatl untukl merespon keresahanl siswa terhadap rasa bosan yang dihadapi pada saat pembelajaran PPKn, sehingga berdaimpak pada haisil belajar yiang tidak dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal siswa. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media belajar film pendek terhadap hasil belajar peserta didik kelias XiI MAN 1 Surakiarta. Metode penielitian yaong digiunakan dailam peneliotian ini adoalah kuantitaitif denogan teknik pengumpulan data tes yang dilakukan pada siswa kelas XI F-1 dan XI F-10 denigan total jumlah siswa adalah 68 siswa. Hasil statistik yang telah dilakukan dengan uji Miann-Whitoney yaitu diperoleh niliai Asiymp.Sig (2-tailed) sebesar .000, sehingga berdasarkan data tersebut dapat dijelaskan bahwa H1 diteriima dan H0 diitolak koarena Asymp. Sig .000 leibih ke[cil dairi taraf signiifikansi (ai) = 0,0i5. Kesiimpulan penelitian terhadap kelas XI MAN 1 Surakarta tersebut yaitu penggunaan film pendek memiliki pengaruh signifikan terhadaip hasil beilajar PPKn dibandiingkan metode pembelajaran konvensional tanpa film pendek.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfian Yuda, Anita Trisiana, Ama Farida Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.