PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK DALAM MENGAMALKAN NILAI PERSATUAN DIKELURAHAN JAJAR KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA 2020

Authors

  • damianus agus sido Slamet Riyadi university
  • Anita Trisiana
  • Yusuf Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4118

Keywords:

Status Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Pembentukan Karakter

Abstract

Damianus Agus Sido. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi, Agustus 2020.
Tujuan penelitian ini ialah untuk : 1). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan atara status sosial ekonomi keluarga terhadap pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020; 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pendidikan orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020; 3). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dan pendidikan orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020.
Populasi dalam penelitian ini Masyarakat Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta yang berjumlah 9.389 jiwa. Sampel penelitian sejumlah 30 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket yang digunakan untuk pengumpulan data tentang status sosial ekonomi keluarga, pendidikan orang tua, serta pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan realibilitas yang dicari adalah reabilitas internal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi ganda.
Berdasarkan hasil analisis data diproleh nilai Fhitung sebesar6.01. kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel tarafsignitifkan 5% sebesar 3,333. Berarti nilai Fhitung = 6,01 > Ftabel = 3,33. hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yang posoyif dan signitifikan antara status sosial ekonomi keluarga dan pendidikan orang tua dengan pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020”.

References

Akh Muwafik Saleh. 2012.

“MembangunKarakter Dengan Hati

Nurani”. Erlangga: Jakarta.

Anita Trisiana dan Wartoyo. 2016. “Desain

Pengembangan Model

Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Melalui Addie

Model Untuk Meningkatkan

Karakter Mahasiswa Di Universitas

Slamet Riyadi Surakarta”.

Darmawan, D. 2013 “Metode Penelitian

Kuantitatif”. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Desi Areva. 2016. “Pengaruh Status Sosial

Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi

Orang Tua. Terhadap Tingkat Pendidikan

Anak Pedagang Toko/Kios Di Pasar

Raya Kota Padang”. (Jurnal

Internasional) of Economic and

Economic Education Vol.4 No.1

(52-60).

Dicky Setiardi. 2017. “Keluarga Sebagai

Sumber Pendidikan Karakter Bagi

Anak”. Jurnal Terbawi UUI 14 NO

Dirawati. Neni.2011. “Pengaruh

Lingkungan Masyarakat, Sekolah

dan Kondisi

Sosial Ekonomi Keluarga Pada Anak”.

http://lib.unnes.ac.id.pdf .

Emzir. 2008. “Metodelogi Penelitian

Pendidikan Kuantitatif dan

Kualitatif”. RajaGrafindo Persada.

Jakarta

Endang Sri Indrawati. 2015. “Status Sosial

Ekonomi Dan Intensitas

Komunikasi Keluarga Pada Ibu

Rumah Tangga Di PanggungKidul

Sumatra Utara”. Jurnal Psikologi

Undip Vol 9. No 2.

Franz Magnis Suseno. 1987. “ Etika Dasar

Masalah-Maslah Pokok Filsafat

Moral”. Erlangga: Jakarta.

Herman Hadiyanto. 2014. “Pengaruh

Pendidikn, Pekerjaan dan

Pendapatan Orang Tua Terhadap

Prestasi Belajar Ekonomi Pasa

Siswa SMA”. Journal International

Vol 9. No 3.

Hermawan Pamot Raharjo. 2015.

“Penerapan Pendekatan Saitifik

Dalam Membentuk Karakter Positif

Anak”. Journal Internasional Vol

No 4.

Khoyrul. Baroyah. 2010. “Pengaruh

Pengembangan Sikap Demokratis

Orang Tua Terhadap Kemandirian

Anak”. http://perpus.iainsalatiga.ac.

id.pdf .

Maharani Ramadhanti, M Syarif Sumantri,

Edwita. 2019. “Pembentukan

Karakter dalam Pembelajaran

BCCT (Beyond Center And Circle

Time)”. Jurnal Educate Vol 23. No 03

PlumX Metrics

Published

2020-12-04

Issue

Section

Artikel