PERANAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI DEGRADASI MORAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Muthia Ivana Zahra Universitas Negeri Medan
  • Nopi Yanti Ar Rahma Pasaribu 5Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Laras Hilda Samura Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Wida Bonor Gultom Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11597

Abstract

Degradasi moral di kalangan pelajar semakin menjadi isu serius dalam dunia pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan PKn dalam menghadapi degradasi moral di lingkungan sekolah. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan metode yang terstruktur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data dari berbagai sumber di perpustakaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan keterkaitan antara peranan dari pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi degradasi moral di lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini ialah pendidikan kewarganegaraan dapat mengurangi degradasi moral dan membentuk generasi yang lebih bertanggung jawab serta beretika. Hal ini akan menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan hak dan kewajiban, sehingga mereka dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan dan bangsa. Melalui penerapan nilai-nilai kewarganegaraan, diharapkan individu-individu ini akan memiliki karakter yang kuat dan integritas tinggi, yang pada akhirnya dapat memperkuat tatanan sosial di masyarakat. Dengan demikian, diperlukan peran serta seluruh pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan lingkungan sekolah, untuk memperkuat implementasi nilai-nilai yang diajarkan dalam PKn guna menghadapi tantangan degradasi moral di kalangan pelajar

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Muthia Ivana, Rahma Pasaribu, N. Y. A., Samura, L. H., Gultom, W. B., & Yunita, S. (2024). PERANAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI DEGRADASI MORAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 13(2), 44–52. https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11597