Penerapan pendekatan berdeferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar bola basket dan implikasinya dalam penguatan karakter kolaborasi dan disiplin siswa

Authors

  • kurniawan ari wibisono UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11741

Abstract

Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 32 siswa (16 laki-laki dan 16 perempuan) pada fase D. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, serta metode pengumpulan data lainnya, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebelum menerapkan pendekatan pembelajaran pendekatan diferensiasi dengan data awal 12 siswa dengan presentase sebesar 37.5% telah tuntas selanjutnya 20 siswa dengan persentase sebesar 62,5% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar (75). Tujuan Pembelajaran sehingga ada peningkatan dari data awal sebesar 25% tuntas pada pra siklus. Peningkatan tersebut antara pra siklus dengan siklus I terdapat presentase 25%. Siklus II sebanyak 29 siswa dengan persentasi sebesar 90,62% tuntas dan hal ini merupakan peningkatan dari siklus I yaitu 28,12%. Peningkatan data awal antara pra siklus dengan siklus II tersebut terdapat presentase 53.12%. Disiplin merupakan karakter yang sangat penting bagi setiap individu, karena berpengaruh besar terhadap perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian pembelajaran pendekatan diferensiasi dengan bounce pass, overhead pass, dan chest pass dapat mengembangkan prestasi belajar siswa, dibuktikan adanya peningkatan persentase hasil belajar

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

wibisono, kurniawan ari. (2024). Penerapan pendekatan berdeferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar bola basket dan implikasinya dalam penguatan karakter kolaborasi dan disiplin siswa . Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 13(2), 96–105. https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11741