PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X PS-2
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v8i2.3375Keywords:
Learning method, Problem-based learning, learning achievement, civic educationAbstract
Tujuan yang ingin di capai pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran materi PKn sub pokok bahasan Integrasi Bangsa dan Kebhinekaan melalui penerapan model pembelajaran model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X Ps-2 Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 SMKN 7 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK), data pada penelitian ini berupa data tentang prestasi belajar PKn yaitu hasil ulangan dan tes dalam materi sub pokok bahasan Integrasi Bangsa dan Kebhinekaan pada mata pelajaran PKn, dan data tentang penerapan Metoda Pembelajaran Problem Base Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa meningkat, yaitu pada kondisi awal dari 36 siswa terdapat 21 siswa yang dinyatakan tuntas (58%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa (42% ) dengan rata-rata kelas sebesar 61,73. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (75 %) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa (25 %) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 68,15. Pada siklus II semua siswa dinyatakan tuntas semua (100%) dengan rata-rata kelas sebesar 76,88.
Kata kunci: Metode pembelajaran, Problem Based Learning, Prestasi belajar, PKn
Â
ABSTRACT
The aims of the study was: this Classroom Action Research (CAR) was to improve the success of students in learning civic education sub-subject Integrasi bangsa dan Kebinekaan through implementation of Problem-based learning to the students of class X Ps 2 in even semester of 2018/2019 Academic year SMKN 7 Surakarta. The method used in this research was Classroom action research (CAR), the data were learning outcomes of students in Civic education, such as result of exam and test of material sub-subject Integrasi Bangsa dan Kebinekaan in civic education, and data of Problem-based learning implementation. The technique of collecting data were observation and test. The technique of analysis data were descriptive comparative and critical analysis technique. Based on data analysis, it is obtained that students' learning outcomes were improved, that was in  initial condition from 36 students there are 21 students who are stated as completed (58%) and students who weren't completed consist of 15 students (42%) with class average score 61,73. in the cycle 1 students who were passed consist of 27 students (75%) and students who are not passed 9 students (25%) with class average score 68,15. in the cycle II all students were stated as all completed (100%) with class average score 76,88.
Â
References
Al Falasany, 2005.Kunci Sukses BelajarBagi Pelajar dan Mahasiswa. Semarang: Aneka Ilmu.
Anita Trisiana. 2015. Action for citizenship education of character education using project citizen model at senior high school in Indonesia. International Journal of Education and Psychology in the Community (IJEPC) 5 (1 & 2), 42-53.
Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.
Gie, The Liang. 2001. Administrasi Perkantoran Modern. Edisi Ketujuh. Yogyakarta. Liberty.
Horison, 2007. Developmental Psychology : A Lifespan Approach. Boston : McGraw-Hill.
Miftahul Huda, 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. 2005, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta.
Omar Hamalik, 2002, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: P.T Bumi Aksara.
Pannen, Paulina, dkk. 2001. Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Poerwanto, 2003, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E. T. 2002. Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Tarsito.
Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung.
Sari Dewi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Program-Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN 1 Tangkil Wilingi. Diakses pada tanggal 30 Aptil 2019. http://journal.um.ac.id.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel WS, 2000. Psikologim Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Yunin Nurun Nafiah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpkir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelas X Teknik Komputer Jaringan (Tkj). Diakses pada tanggal 27 April 2019. http://journal.uny.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.