PERAN GURU PPKn DALAM INTERNALISASI PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP BANGSA UNTUK PENGUATAN KARAKTER DEMOKRATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8754Abstract
Tujuan penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui Peran Guru PPKn dalam internalisasi Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa untuk penguatan karakter demokratis pada peserta didik kelas VII;
(2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui Guru PPKn dalam internalisasi Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa untuk penguatan karakter demokratis pada peserta didik kelas VII;
(3) Untuk mengetahui bahwa internalisasi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dapat
mempengaruhi penguatan karakter demokratis pada peserta didik kelas VII.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Subjek dalam penelitian
ini: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PPKn Kelas VII, dan Peserta didik Kelas VII.
Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif
kualitatif model interaktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Guru PPKn sangat berperan aktif dalam
program internalisasi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa untuk penguatan karakter
demokratis ini dengan diwujudkannya beberapa budaya sekolah baru yang menarik yaitu:
Democrazy Day/pemilihan ketua OSIS, Kartu Haid, serta Kultum dan Adzan bergilir. Selain itu
Guru PPKn juga berperan sebagai pengarah, pengawas, dan Pembina dalam implementasinya; 2)
hambatan yang ditemui dalam proses berjalannya program Internalisasi Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa untuk penguatan karakter demokratis adalah culture shock (budaya kejut;
kaget) dan belum sepenuhnya beradaptasi dengan lingkungan baru karena masih dalam masa
peralihan; 3)internalisasi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa benar dapat menguatkan
karakter demokratis pada peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arga Wening Oktoriza, Sutoyo Sutoyo, Siti Supeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.