STRATEGI GURU MENINGKATKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 18 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Yustika Devi Nurhani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sugiaryo Sugiaryo universitas slamet riyadi surakarta
  • Siti Supeni universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8591

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlunya peningkatan nilai karakter disiplin dan strategi guru dalam upaya meningkatkan nilai karakter disiplin melalui tata tertib sekolah pada siswa kelas 7 SMP Negeri 18 Surakarta.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, bapak/ibu guru kelas 7, dan siswa kelas 7 SMP Negeri 18 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun untuk menguji validitas data menggunakan teknik triangulasi, baik itu triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  dengan model interaktif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui tata tertib sekolah dapat meningkatkan nilai karakter kedisiplinan siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa melalui tata tertib sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan pembelajaran yang kondusif, nyaman, dan tenteram di dalam maupun luar kelas. Adapun strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan nilai karakter disiplin melalui tata tertib sekolah pada siswa kelas 7 SMP N 18 Surakarta adalah keteladanan, kebiasaan, peraturan, hukuman serta penghargaan.

Kata Kunci: Tata Tertib, Nilai Karakter Disiplin, Strategi Guru

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-01