MEMBANGUN NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI KEGIATAN SENI TARI (Studi Kasus Sanggar Ngandhong Cinawi Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar)

Authors

  • Grace Safara Faustina universitas slamet riyadi surakarta
  • Siti Supeni universitas slamet riyadi surakarta
  • Sutoyo Sutoyo universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9425

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan penanaman cinta tanah air di Sanggar Ngandhong Cinawi Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan seni tari di Sanggar Ngandhong Cinawi Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar; 3) Untuk mengetahui Penanaman cinta tanah air melalui seni tari di Sanggar Ngandhong Cinawi Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Bentuk penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Strategi penelitian ini menggunakan strategi studi kasus tunggal. Subjek dalam penelitian ini antara lain pemilik sanggar, pelatih sanggar, peserta tari, orang tua peserta tari. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknis data kegiatan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan penanaman karakter cinta tanah air seni tari di Sanggar Ngandhong Cinawi melalui kegiatan menari dengan percaya diri dihadapan banyak orang, berdoa sebelum memulai kegiatan tari, mempelajari nilai-nilai budaya; 2) Pelaksanaan kegiatan seni tari di Sanggar Ngandhong Cinawi berupa latihan rutin yang diadakan setiap Sabtu pada pukul 16.00 dengan guru tari, materi tari yang sesuai, pelatihan dan evaluasi serta guru tari yang profesional. Kegiatan pembelajaran materi tari Anila Prahastha yang dipentaskan; 3) Penanaman cinta tanah air di Sanggar tari Ngandhong Cinawi melalui tari dapat menjadi sarana yang efektif dalam menanamkan rasa cinta tanah air pada peserta tari, penanaman cinta tanah air berhasil ditanamkan pada seni tari memerlukan penentuan parameter melalui kegiatan seni tari yang menumbuhkan sikap mandiri, menjadi percaya diri dan menjalin hubungan sesama peserta tari, serta peserta tari merasakan keterkaitannya dengan budaya dan seni tradisional Indonesia.

Kata Kunci: Membangun, Nilai Karakter, Cinta Tanah Air, Seni Tari

 

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-01