Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA N Colomadu
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10671Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui karakter peduli sosial yang ada di SMA Negeri Colomadu selama ini; 2) Mengetahui apakah kegiatan ekstrakurikuler PMR efektif dapat membentuk karakter peduli sosial peserta didik di SMA Negeri Colomadu; 3) Mengetahui hambatan PMR dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik kelas XI di SMA N Colomadu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA N Colomadu. Strategi penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah waka kesiswaan, pembina PMR, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji Keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik deskripsi kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk karakter peduli peserta didik yang ada di SMA N Colomadu di tunjukkan dengan menolong teman yang sakit di dalam kelas, meminjamkan alat tulis kepada teman yang membutuhkan, menolong orang kecelakaan di jalan, mengikuti kegiatan donor darah, dan menolong teman yang sakit ketika upacara bendera atau kegiatan lainnya; 2) Efektivitas kegiatan ekstrakulikuler PMR dalam membentuk karakter peduli sosial pada peserta didik kelas XI di SMA N Colomadu efektif. Hal ini di contoh peserta didik seperti menolong teman yang sedang sakit di dalam kelas, meminjamkan alat tulis kepada teman yang membutuhkan, dan menolong orang ketika kecelakaan di jalan dan mengikuti kegiatan donor darah; 3) Proses pelaksanaan kegiatan PMR dalam membentuk karakter peduli sosial terdapat beberapa hambatan, yaitu sebagai berikut: a) kurang adanya partisipasi peserta didik, b) kurang pekanya peserta didik tergadap lingkungan sekitar mereka, c) regulasi peraturan dari pemerintah, d) sedikitnya anggota Palang Merah Remaja.
Kata Kunci: Efektivitas, Karakter Peduli Sosial
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Miftah Tedy Gautama Miftah Tedy gautama, AMA FARIDA, Sutoyo Sutoyo, Sutoyo Sutoyo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.