PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARING MATERI PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II SDN KRAMATSAMPANG 01
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5351Keywords:
parenthood, online learning, , mathematicsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan belajar daring pada materi perkalian matematika yang ada pada kelas II SDN Kramatsampang 01. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menyajikan data bentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01. Sampel yang diambil adalah lima orang tua peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari orang tua dalam pendampingan belajar daring pada materi perkalian matematika kelas II SDN Kramatsampang 01 sangat penting, peran pendampingan tersebut diantaranya: orang tua berperan sebagai guru atau pendamping belajar, orang tua berperan sebagai fasilitator dan orang tua berperan sebagai motivator bagi peserta didik.
References
Amalia Safitri, Y., Baedowi, S., & Sari Setianingsih, E. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514.
Emmy, Rosalia. 2008. Menjadi orang tua Cerdas Tips Mendampingi Anak Belajar. Penerbit Kaisius
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang “Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19
M. I. Mustofa, M. Chodzirin, L. Sayekti, U. I. Negeri, and W. Semarang, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id),†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 151–160, 2019.
Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualittaif. Bandung. PT. Kremaja Rosdakarya
Mulyati, S. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantu Media Bagan Peahan di Kelas III SD Kalisari 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 3 (1). 13
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Alfabeta
Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 pada tanggal 24 Maret 2020 yang berisi tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SINEKTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.