PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARING MATERI PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II SDN KRAMATSAMPANG 01

Authors

  • Anis Restianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5351

Keywords:

parenthood, online learning, , mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan belajar daring pada materi perkalian matematika yang ada pada kelas II SDN Kramatsampang 01. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menyajikan data bentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01. Sampel yang diambil adalah lima orang tua peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari orang tua dalam pendampingan belajar daring pada materi perkalian matematika kelas II SDN Kramatsampang 01 sangat penting, peran pendampingan tersebut diantaranya: orang tua berperan sebagai guru atau pendamping belajar, orang tua berperan sebagai fasilitator dan orang tua berperan sebagai motivator bagi peserta didik.

References

Amalia Safitri, Y., Baedowi, S., & Sari Setianingsih, E. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514.

Emmy, Rosalia. 2008. Menjadi orang tua Cerdas Tips Mendampingi Anak Belajar. Penerbit Kaisius

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang “Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19

M. I. Mustofa, M. Chodzirin, L. Sayekti, U. I. Negeri, and W. Semarang, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id),†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 151–160, 2019.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualittaif. Bandung. PT. Kremaja Rosdakarya

Mulyati, S. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantu Media Bagan Peahan di Kelas III SD Kalisari 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 3 (1). 13

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Alfabeta

Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 pada tanggal 24 Maret 2020 yang berisi tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19

Downloads

Published

2023-04-01

Most read articles by the same author(s)