Yohanes Indra Jurnal PPKn PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri Colomadu pada Siswa Kelas Sebelas IPA 1 dan 2)

PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri Colomadu pada Siswa Kelas Sebelas IPA 1 dan 2)

Penulis

  • Yohanes Indra Yohanes Indra Unisri
  • Sugiaryo Sugiaryo PPKn FKIP UNISRI
  • Siti Supeni PPKn FKIP UNISRI

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.6947

Abstrak

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru “Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam mengembangkan karakter†pancasila terhadap siswa, mengetahui
kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan, dan mengetahui strategi yang
dilakukan guru dalam mengembangkan karakter Pancasila pada siswa kelas IPA 1 dan 2 SMA
Negeri Colomadu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru Mapel PPKn kelas 11 IPA 1 dan 2
SMAN Colomadu. Objeknya adalah Peran Guru dalam mengembangkan membentuk
Karakter nilai-nilai Pancasila dan Implikasinya dalam kehidupan sekolah. Pengumpulan data
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif.
Hasil penelitian menyimpulkan peran guru PPKn di SMA Negeri Colomadu yaitu sebagai
suritauladan bagi peserta didik dengan cara menerapkan perilaku pada diri masing-masing
pribadi dalam menanamkan pengembangan karakter Pancasila, seperti dengan menekankan
sikap kejujuran, sikap akhlak mulia, sikap kebijaksanaan dan sikap tanggungjawab bersama.
Kendalanya yaitu ada beberapa guru yang kurang memberikan contoh suritauladan kepada
siswanya, misalnya guru masih ada yang datang terlambat serta guru belum bisa
menempatkan diri sesuai nilai-nilai karakter terhadap tempatnya dan yang terakhir adalah
perkembangan zaman yang serba cepat serta kompleks dan modern, sehingga siswa
mengalami penyimpangan yang berakibat kenakalan remaja. Strategi yang dilakukan yaitu
menerapkan meode ceramah tatap muka dan strategi variasi dalam pembelajaran dengan
keteladanan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Peran guru PPKn, Karakter Pancasila.

Diterbitkan

2022-07-01

Cara Mengutip

Yohanes Indra, Y. I., Sugiaryo, S., & Supeni, S. . (2022). Yohanes Indra Jurnal PPKn PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri Colomadu pada Siswa Kelas Sebelas IPA 1 dan 2): PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri Colomadu pada Siswa Kelas Sebelas IPA 1 dan 2). Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.6947

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2