IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PERSATUAN INDONESIA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA KARANG TARUNA DESA PULOSARI KECAMATAN KEBAKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2020AN JUD
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.3980Kata Kunci:
Implementasi Nilai, Persatuan Indonesia, Karang TarunaAbstrak
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk: Mengetahui Faktor pendukung, faktor penghambat dan mengetahui bagaimana Implementasi Nilai-nilai Persatuan Indonesia dalam Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada karan taruna desa pulosari kecamatan kebakkramat kabupaten karanganyar Tahun 2020. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif., sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai persatuan indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada karang taruna sudah dapat diterapkan pada setiap kegiatan program kerja yang diadakan oleh organisasi karang taruna. 2) Faktor dukungan yang diberikan oleh prangkat desa yaitu berupa sarana dan prasarana seperti aula beserta kursi, untuk kegiatan rapat karang taruna, lapangan bulu tangkis, tenis meja dan dari masyarakat sekitar dalam kegiatan karang taruna selalu ikut berpartisipasi serta terkadang membantu makanan serta minuman. 3) Faktor penghambat adalah kurangya partisipasi dari anggota, kesibukan anggota diluar kegiatan karang taruna, dan ada 50% anggota karang taruna yang tidak aktif.Â
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk: Mengetahui Faktor pendukung, faktor penghambat dan mengetahui bagaimana Implementasi Nilai-nilai Persatuan Indonesia dalam Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada karan taruna desa pulosari kecamatan kebakkramat kabupaten karanganyar Tahun 2020. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif., sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai persatuan indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada karang taruna sudah dapat diterapkan pada setiap kegiatan program kerja yang diadakan oleh organisasi karang taruna. 2) Faktor dukungan yang diberikan oleh prangkat desa yaitu berupa sarana dan prasarana seperti aula beserta kursi, untuk kegiatan rapat karang taruna, lapangan bulu tangkis, tenis meja dan dari masyarakat sekitar dalam kegiatan karang taruna selalu ikut berpartisipasi serta terkadang membantu makanan serta minuman. 3) Faktor penghambat adalah kurangya partisipasi dari anggota, kesibukan anggota diluar kegiatan karang taruna, dan ada 50% anggota karang taruna yang tidak aktif.Â
Referensi
Afroh, Abdul Muiz. 2017. Peran Karang
Taruna Dalam Implementasi
Nilai-nilai Kegotong Royongan
Di Masyarakat Desa Keling.
Naskah Publikasi. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Anjar Viera Handaru. 2019. Sosialisasi
Nilai-nilai Persatuan Indonesia
Melalui Pemutaran Video Lagu
Dengan Modifikasi Strategi Role
Playing Dan Team Quiz Di
Karang Taruna Kelurahan
Bintara Jaya Kacamatan Bekasi
Tahun 2019. Naskah Publikasi.
FKIP. Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Dwiyanto, Djoko. 2012. Pendidikan
Karakter Berbasis Pancasila.
Yogyakarta: Ampera Utama.
Kirom, Syahrul. 2011. Filsafat Ilmu dan
Arah Pengembangan Pancasila
Relevansinya Dalam Mengatasi
Persoalan Kebangsaan. Jurnal
Filsafat UGM, Vol 21, No. 2.
Mulyadi, 2009. Auditing. Edisi 6. Buku
Jakarta: Selemba Empat.
Setiana Eka Rini. 2015. Implementasi
Nilai Demokrasi Pancasila
Dalam Kegiatan Karang Taruna
Karya Abadi Di Desa Jepang
Kecamatan Mejobo Kabupaten
Kudus. Jurnal Fakultas Ilmu
Sosial. Universitas Negeri
Semarang.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk
Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Shofa, Abd. Mu’id Aris, dkk. 2019.
Wanua Nusantara: Praktik
Pembumian Nilai-nilai Pancasila
Di Kalangan Generasi Muda.
Jurnal Praksis dan Dedikasi
Sosial. 2 (1), 1-5.
Susanto, Toni. 2015. Peranan Pemuda
Karang Taruna Dalam
Mengimplementasikan Pancasila
Sila Kelima Di RT.07 RW 03
Dusun Segulung. Jurnal IKIP
PGRI Madiun. 419-428.
Tjarsono, Idjang. 2013. Demokrasi
Pancasila dan Bhinneka Tunggal
Ika Solusi Heterogenitas. Jurnal
Transnasional. 4 (2). 81-89.
Trisiana, Anita. 2018. Penguatan
Pancasila Dalam Perbuatan
(Alternatif Tindakan Kuratif Di
Era Globalisasi). Jurnal Ilmiah
Kajian Pendidikan
Kewarganegaraan. 4 (2) I.
_______. 2019. Pentingnya Komunikasi
Sosial Budaya Di Era
Globalisasi Dalam Perspektif
Nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah
Kajian Pendidikan
Kewarganegaraan. 6 (2) I.
Wahono, Tri. 2014. Implenentasi Nilai-
nilai Persatuan Dan Demokrasi
Di Kalangan Pemuda (Studi
Kasus Pada Karang Taruna
Sumbung Bawono di Dusun
Pengkol Desa Pijiharjo
Kecamatan Manyaran
Kabupaten Wonogiri). Naskah
Publikasi. Fakultas Keguruan
Dan Ilmu Pendidikan.'
Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Watson, C. W. 2000. Multiculturalism.
Buckingham-Philadelphia: Open
University.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.