IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 KEBAKKRAMAT TAHUN AJAR 2022/2023

Authors

  • Inggis Mialiawati universitas slamet riyadi surakarta
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Yusuf Yusuf Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PPKn dalam
meningkatkan karakter toleransi. (2) untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam membentuk
karakter toleransi. (3) untuk menganalisis kesulitan apa saja yang dialami guru PPKn dan peserta
didik dalam upaya tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 8 Kebakkramat. Subjek dalam penelitian ini
adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PPKn, dan siswa kelas VII yang berjumlah 11
siswa di SMP Muhammadiyah 8 Kebakkramat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang dilakukan
yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru tidak hanya serta mengajar memberikan materi saja
namun juga memberikan contoh-contoh untuk di implementasikan dengan peserta didik, memberi
motivasi menjadi penggerak menjadi mentor dan menyemangati untuk terus mengembangkan
karakter yang baik. (2) Upaya atau peran guru PPKn dalam membentuk sikap toleransi melalui
kompetensi dasar yang sesuai dengan materi Kebaragaman Masyarakat Indonesia di integrasikan
dengan RPP. (3) Faktor pendorong dan faktor penghambat yang dapat membentuk karakter toleransi
pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Kebakkramat: a) Faktor pendorong: Kebjikan sekolah,
memiliki rasa peduli, dan menghargai perbedaan. b) Faktor penghambat: Mementingkan diri sendiri
dan memilih dalam berteman.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-01