PENGARUH STORE ENVIRONMENT, FASHION INVOLVEMENT, DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING

Authors

  • Titin Indah Saputri Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumaryanto Sumaryanto Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Retno Susanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Keywords:

Store environment, fashion involvement, sales promotion, impulsive buying.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui signifikansi pengaruh store environment, fashion involvement, dan sales promotion terhadap impulsive buying. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan pada konsumen Fashion Santi Shop Surakarta. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Populasinya adalah seluruh konsumen Fashion Santi Shop yang melakukan pembelian tanpa rencana. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 70 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store environment tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Sales promotion berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Hasil uji ketepatan model diperoleh hasil bahwa model regresi tepat (fit) dalam memprediksi pengaruh store environment, fashion involvement, dan sales promotion terhadap variabel terikat impulsive buying. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,200 artinya besarnya sumbangan variabel store environment, fashion involvement, dan sales promotion terhadap impulsive buying adalah sebesar 20%.

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung. Andani Kiki, Wahyono. 2018. “Influence Of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, And Fashion Involvement Toward Impulse Buying Through A

Positive Emotion”. Management Analysis Journal. Vol. 7, No. 4, hlm. 448 - 457. Astri N. 2018. “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap

Impulse Buying”. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol. 8, No. 1, April, hlm. 1

- 14.

Berman, R. Evans. 2018. Retail Management : A Strategic Approach. 12th edition.

Intermedia. Jakarta.

Dunne, Lusch, & Carver. 2013. Retailing. Edisi 8. Cengage Learning. America.

Eka A, Suparna Gede. 2016. “Pengaruh Store Environment Dan Impulse Buying Tendency Terhadap Urge To Buy Impulsively Dan Impulse Buying Behaviour”. Jurnal Manajemen. Vol. 5, No. 7, hlm. 4101 - 4131.

Hussain Sana, Ahmed Danish. 2019. “The Influence of Impulsive Buying Personality Traits and Store Environment on Impulse Buying of Consumer in Karachi”. International Journal of Business Administration. Vol. 10, No. 3, hlm. 50 - 73.

Jovita Florensia, Tampi J, dan Mukuan Danny. 2019. “Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen di Matahari Departement Store Manado Town Aquare”. Jurnal Administrasi Bisni. Vol. 8, No. 2, hlm. 113 - 120.

Kotler, Armstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 2. Diterjemahkan oleh Alexander Sindoro. Erlangga. Jakarta.

Kotler , Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Erlangga. Jakarta.

Mowen, Minor. 2017. Perilaku Konsumen. Edisi 5. Diterjemahkan Dwi Kartini.

Erlangga. Jakarta.

Octavia D, Arifin Rois, dan Basalamah Ridwan. 2019. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation, Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Mahasiswi Yang Pernah Berkunjung Ke Center Point Di Mall Olympic Malang)”. Jurnal Riset Manajemen. hlm. 152 - 167.

Pratiwi Eny, Krishernawan I, dan Istyarini Wiwik. 2020. “Pengaruh Store Environment, Fashion Involvement, Dan Sales Promotion Terhadap Customer Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Matahari Sunrise Mall Mojokerto)”. Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis. Vol. 4, No. 1, hlm. 1 - 13.

Setiadi, Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Kharisma Putra Utama.

Jakarta.

Sucidha Irma. 2019. “Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value, dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 3, No. 1, hlm. 1 - 10.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Bandung.

Tjiptono. 2013. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Andi Offset. Semarang.

Umboh Z, Manakeke Lisbeth, dan Samadi Reitty. 2018. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di MTC Manado”. Jurnal EMBA. Vol. 6, No. 3, hlm. 1638 - 1647.

Utami. 2010. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.

Yusnia Nia, Hermawati S. 2020. “The Effect Of Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, And Sales Promotion On Impulse Buying Behavior In E-Commerce (Case Study Of Berrybenka Consumer)”. Jurnal Imliah Ekonomi Bisnis. Vol. 25, No. 1, hlm. 45 - 54.

Downloads

Published

2021-08-24