PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survei Pada Konsumen Marakez Café di Surakarta)

Authors

  • Dita Rahmawati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Marjam Desma Rahadhini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Marjam Desma Rahadhini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumaryanto Sumaryanto Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumaryanto Sumaryanto Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v20i1.4371

Keywords:

store atmosphere, product quality, consumer satisfaction, repurchase intention

Abstract

This research was conducted on consumers Marakez Café in Surakrta, the type of data used is qualitative and quantitative data. Data sources used are secondary and primary data. The entire population in this study are all Marakez Café consumers whose numbers cannot be known. The sample used in this study was taken as many as 100 respondents. The sampling technique is done by using nonprobability sampling using purposive sampling method. In this study shows that store atmosphere and product quality significantly influence consumer satisfaction. Variable store atmosphere, product quality and customer satisfaction have a significant effect on repurchase intentions. The sobel test results in this study indicate that store atmosphere and product quality influence repurchase intentions with customer satisfaction as a mediating variable.

References

Angger, Panuntun S. dan N. Rubiyanti. 2015. “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat

Pembelian Ulang”. e-Proceeding of Management Vol. 2, No. 1, p. 764-769.

Anoraga, Pandji. 2000. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Jakarta.

Azhari, Pandu P. dan R. Nurafni. 2016. “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli

Ulang”. e-Proceeding of Management Vol. 3, No. 1, p. 512-516.

Berman, B. and Evans JR. 2001. Retail Management: A Strategic to Approach. Prentice Hall.

New Jersey (US).

Gaspersz, Vincent. 2009. Total Quality Management (TQM) untuk Praktisi Bisnis dan Industri.

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghassani, Mahyarani T. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang

Bandeng Juwana Vaccum melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening”.

Journal of Social and Political Science Vol. 6, No. 4, h. 1-8.

Hersanti, N. dan K. Ratnawati. 2012. “Pengaruh Atmosfer terhadap Kepuasan dan Niatan

Perilaku Konsumen”. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 10, No. 4, h. 772-780.

Heryani, Yukhebeth Y. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap

Pembelian Ulang yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen”. e-prints UNY Vol. 70, No.

, h. 1-10.

Idris, Hudzaifah. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek terhadap

Minat Beli Ulang yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen”. Journal of Management

Vol. 7, No. 2, h. 1-7.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedua belas

(Alih bahasa oleh Benyamin Molan). Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan K. Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas

(Alih bahasa oleh Benyamin Molan). Indeks. Jakarta.

Levy dan Barton A. Weitz. 2001. Retailing Managemenet. Fourth Edition. McGraw-Hill Irwin.

New York.

Liangan, Ricky. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Produk Elektronik

pada Toko Sinar Mutiara Gorontalo”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 30, No. 1, h. 1-15.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia

Indonesia. Bogor.

Suprapti, Ni Wayan S. 2010. Perilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam

Strategi Pemasaran. Udayana University Press. Bali.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tendean, A., dan Widodo, A. 2015. “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan

Konsumen”. Jurnal Manajemen Vol. 2, No. 2, h. 1-7.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset.

Yogyakarta.

Wibowo, G., Rahadhini Marjam D., dan Sunarso. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan

Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membentuk Niat Beli Ulang”.

Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 17, No. 1, h. 1-9.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>