PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.33061/jeku.v21i1.5934Keywords:
experiential marketing, kualitas pelayanan, repurchase intention, kepuasan pelanggan.Abstract
Grandis Barn merupakan salah satu resto masa kini di wilayah Karanganyar, tepatnya di Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Grandis Barn. Tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti experiential marketing, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan yang akan berpengaruh terhadap repurchase intention yang berkaitan dengan respon  pelanggan  Grandis  Barn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder. Sampel dari penelitian sejumlah 200 reponden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Uji instrumen dalam penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM dengan software SEM AMOS 26. Hasil penelitian didapatkan bahwa experiential marketing berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Experiential marketing tidak berpengaruh pada repurchase intention. Kualitas pelayanan berpengaruh pada repurchase intention. Experiential marketing berpengaruh pada repurchase intention melalui kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh pada repurchase intention melalui kepuasan pelanggan.
References
Ali Hasan. 2013. Marketing. Cetakan Pertama. Media Pressindo Yogyakarta
Febrini, Widowati, Anwar. 2019. “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakartaâ€. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 10. No.1 Hal 35-54
Ferdinand, Augusty T., 2014. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertasi Doktor. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Firdiyansyah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batamâ€. Jurnal Elektronik. Vol.1 No.1 Hal 1-9
Ghozali, Imam. 2013. Aprikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Kertajaya, Hermawan. 2010. “Brand Operationalâ€. Esensi Erlangga Group. Jakarta. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. “Principles of Marketingâ€. 14th Edition.
Prentice Hall Pearson, USA.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2011. “Marketing an Introductionâ€. 10th Edition.
Pearson. Indonesia.
Kotler, P. and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management, 14th Edition, ISBN:978-0- 13-210292-6, Global Edition. Publishing as Prentice Hall. England.
Lamongi, Tumbuan, Loindong. 2018. “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di J.Co Donuts Dan Coffee Manado Town Square Manadoâ€. Jurnal EMBA. Vol.6 No.4 Hal. 3038 – 3047
Merdiani, Suryaningprang. 2019. “Pengaruh Experiential Marketing Pada Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Dan Resto Kota Bandung Melalui Citra Perusahaan Dan Strategi Dispersi Hargaâ€. Ekono Insentif. Vol.13 No.1 Hal. 71-81
Nugrahaningsih, Oktavianto. 2017. “Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating Di Kedai Es Krim Nevatara Tanjung Priokâ€. Jurnal Online Internasional & Nasional. Vol.20 No.1 Hal 15-25
Octaviana, Nugrahaningsih. 2018. “Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Meratus Line Jakarta)â€. Jurnal Online Internasional & Nasional. Vol.6 No.2 Hal 57-72
Oman, B., M. Pepur., and J. Arneric. 2016. “The Impact of Service Quality and Sport- Team Identification on The Repurchase Intentionâ€. Management. Vol. 21 No. 1 Hal. 19–46
Rahayu, I Kumadji, Kusumawati. 2016. “Experiental Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian Ulang (Repurchase Intention) (Survei Padapelanggan Warung Coto Abdullah Daeng Sirua, Kota Makassar)â€. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 35 No. 2 Hal. 197-203
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). Pearson Prentice Hall. New Jersey.
Shafiq, Y., Imran, S., Muhammad, S. D., dan Khaliq, U. R. C. 2016. “Impact Service Quality on Customer Satisfaction: A Study of Hotel Industry of Faisalabad, Pakistanâ€. International Journal of Management and Organizational Studies 2(1): 2305-2600.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3. Andi Offset.
Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik. Andi Offset. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Merista Eka Apriliani, Marjam Desma Rahadhini, Rahayu Triastity
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.