PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Merista Eka Apriliani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Marjam Desma Rahadhini Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Rahayu Triastity Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v21i1.5934

Keywords:

experiential marketing, kualitas pelayanan, repurchase intention, kepuasan pelanggan.

Abstract

Grandis Barn merupakan salah satu resto masa kini di wilayah Karanganyar, tepatnya di Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Grandis Barn. Tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti experiential marketing, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan yang akan berpengaruh terhadap repurchase intention yang berkaitan dengan respon   pelanggan   Grandis   Barn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder. Sampel dari penelitian sejumlah 200 reponden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Uji instrumen dalam penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM dengan software SEM AMOS 26. Hasil penelitian didapatkan bahwa experiential marketing berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Experiential marketing tidak berpengaruh pada repurchase intention. Kualitas pelayanan berpengaruh pada repurchase intention. Experiential marketing berpengaruh pada repurchase intention melalui kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh pada repurchase intention melalui kepuasan pelanggan.

References

Ali Hasan. 2013. Marketing. Cetakan Pertama. Media Pressindo Yogyakarta

Febrini, Widowati, Anwar. 2019. “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta”. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 10. No.1 Hal 35-54

Ferdinand, Augusty T., 2014. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertasi Doktor. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Firdiyansyah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam”. Jurnal Elektronik. Vol.1 No.1 Hal 1-9

Ghozali, Imam. 2013. Aprikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kertajaya, Hermawan. 2010. “Brand Operational”. Esensi Erlangga Group. Jakarta. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. “Principles of Marketing”. 14th Edition.

Prentice Hall Pearson, USA.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2011. “Marketing an Introduction”. 10th Edition.

Pearson. Indonesia.

Kotler, P. and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management, 14th Edition, ISBN:978-0- 13-210292-6, Global Edition. Publishing as Prentice Hall. England.

Lamongi, Tumbuan, Loindong. 2018. “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di J.Co Donuts Dan Coffee Manado Town Square Manado”. Jurnal EMBA. Vol.6 No.4 Hal. 3038 – 3047

Merdiani, Suryaningprang. 2019. “Pengaruh Experiential Marketing Pada Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Dan Resto Kota Bandung Melalui Citra Perusahaan Dan Strategi Dispersi Harga”. Ekono Insentif. Vol.13 No.1 Hal. 71-81

Nugrahaningsih, Oktavianto. 2017. “Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating Di Kedai Es Krim Nevatara Tanjung Priok”. Jurnal Online Internasional & Nasional. Vol.20 No.1 Hal 15-25

Octaviana, Nugrahaningsih. 2018. “Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Meratus Line Jakarta)”. Jurnal Online Internasional & Nasional. Vol.6 No.2 Hal 57-72

Oman, B., M. Pepur., and J. Arneric. 2016. “The Impact of Service Quality and Sport- Team Identification on The Repurchase Intention”. Management. Vol. 21 No. 1 Hal. 19–46

Rahayu, I Kumadji, Kusumawati. 2016. “Experiental Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian Ulang (Repurchase Intention) (Survei Padapelanggan Warung Coto Abdullah Daeng Sirua, Kota Makassar)”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 35 No. 2 Hal. 197-203

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Shafiq, Y., Imran, S., Muhammad, S. D., dan Khaliq, U. R. C. 2016. “Impact Service Quality on Customer Satisfaction: A Study of Hotel Industry of Faisalabad, Pakistan”. International Journal of Management and Organizational Studies 2(1): 2305-2600.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3. Andi Offset.

Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik. Andi Offset. Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-08-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>