PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Rista Kurnia Astuti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi
  • Rahayu Triastity Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi
  • Retno Susanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis makanan kini semakin ketat, maka dari itu para pelaku bisnis makanan dituntut untuk menciptakan strategi yang dapat menarik para konsumen untuk mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan agar mampu bersaing dan unggul dibanding pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh brand image terhadap kepuasan konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, brand image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, brand image berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen dan brand image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.

References

Albari dan Kartikasari, Atika. 2019. “The Influence of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyalty”. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, Vol. III, No. 01.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arinda, Fitri, Soetjipto dan Hermawan, Agus. 2018. “The Effect of Product Quality, Brand Image and Menu Variety on Customer’s Satisfaction as An Intervening Variable”. European Journal of Busniness and Management. Vol. 10, No. 11.

Andreas, Caesar dan Yuniati, Tri. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 5, Hal. 1-16.

Anisah, Silvi dan Nurfarida, Iva. 2018. “Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Managementxand BusinessxReview. Vol. 2, No. 2, Hal. 123-131.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Raja Grapindo. Jakarta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivaret dengan Program IBM SPSS 25.

Universitas Diponegoro. Semarang.

Hamidah, Nurul, Rahma dan Hufron. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Atmosphere terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Cafe Coklat Klasik Malang”. Jurnal Riset Manajemen. Vol. 8, No. 5.

Handoko. 2013. Manajemen. Edisi Kedua, Cetakan Ketiga Belas. BPFE. Yogyakarta. Husein, Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. Jakarta.

Kusumasasti, Ika, Andarwati dan Djumilah. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffe Shop”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 22, No. 2, Hal. 123-129.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.

Erlangga. Jakarta.

. 2015. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (Alih Bahasa Bob Sabran). Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Lestari, Ani dan Yulianto, Edy. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A Kota Malang)”. Jurnal Administrasi (JAB), Vol. 54, No. 1, Januari 2018.

Rahman dan Rayuwanto. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen & Akuntansi. Vol. 1 No. 1.

Ristyanadi, Bhiaztika dan Jayanti. 2018. “Pengaruh Citra Merk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Perilaku KonsumenToko Roti Lyly Bakery)”. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol. III, No. 2.

Sangadji, Etta., dan Shopiah. 2013. PerilakuxKonsumen. AndixOffset. Yogyakarta. Veronika, Elza, Burhanudin, AY dan A. Ida. 2018. “Pengaruh Brand Image,

Harga dan Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Martabak Brengos (D’Mrongos) Solo”. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 7, No. 2, Mei 2018, Hal. 148-156.

Downloads

Published

2021-08-24