ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Erna Murtiningsih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Retno Susanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Retno Susanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Dorothea Ririn Indriastuti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Dorothea Ririn Indriastuti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v20i1.4366

Keywords:

service quality, price, satisfaction, loyalty

Abstract

Purpose of this study to know: 1) significance the effect of service quality and price on customer satisfaction, 2) significance the effect of service quality, price and customer satisfaction on customer loyalty, 3) the effect of service quality and price on customer loyalty with customer satisfaction as a variable mediation. The population of the study is the consumers of Warmindo Berseri Solo with a sample of 100 people and accidental sampling technique. Data collection techniques used observation, questionnaires and literature study. Data analysis techniques used path analysis. The results showed that service quality has a significant effect on customer satisfaction. Price has a significant effect on customer satisfaction. Service quality has a significant effect on customer loyalty. Price has a significant effect on customer loyalty. Customer satisfaction has a significant effect on customer loyalty. Customer satisfaction mediates the effect of service quality on customer loyalty. Customer satisfaction mediates the effect of prices on customer loyalty.

References

Irawan, Handi. 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Gramedia.

Jakarta

Kamaru, Taufik dan Arni Kurniati. 2017. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap

Kepuasan Pelanggan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Usaha Kecil Menengah

Monster Shaker Café”. Jurnal Manajemen. Vol. 5 No. 2, hal 1-9.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. (Alih Bahasa: Bob

Sabran). Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. (Alih Bahasa: Bob

Sabran). Erlangga. Jakarta.

Margono dan Sumaryanto. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan

dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi”.Skripsi (Tidak Dipublikasikan) Fakultas

Ekonomi Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Muftakhin, Muhammad. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk

terhadap Loyalitas Pelanggan”. e-journal Universitas Dian Nuswantoro Jurusan

Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol. 2, No. 1, Hal. 1-15.

Mustofa, Ali dan Rahayu Triastity. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas

Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi”. Skripsi. (Tidak

Dipublikasikan). Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Putri, Shandy Widjoyo. Hatane Semuel dan Ritzky Karina Brahmana. 2014. “Pengaruh Kualitas

Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen

Restoran Happy Garden Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2, No. 1, (2014)

-9.

Sopiah dan Sangadji. 2013. Perilaku Konsumen. Andi. Yogyakarta.

Suwarni, Emi dan Muji Gunanto. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga

terhadap Loyalitas Pelanggan”. e-Journal Universitas Bima Darma Jurusan Manajemen.

Vol. 4, No. 8, Hal 1-13.

Sembiring, Janita Inka, Suharyono dan Kusumawati Andriani. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk

dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas

Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.15 No. 1. Hal.1-13.

Tjiptono. Fandi. 2011. Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. Indeks. Jakarta

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>