Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi

Authors

  • Nada Nupus Ihwani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Metaninda Permata Ayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dhiya Rahma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jennyta Caturiasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Wahyudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9156

Keywords:

character; culture; globalization

Abstract

Pendidikan di Indonesia perlu mengintegrasikan nilai kebudayaan sebagai dasar untuk membangun dan mengembangkan kehidupan yang lebih beradab. Hal ini agar peserta didik memiliki tolak ukur moral yang perlu mencakup nilai-nilai kebudayaan di era globalisasi. Globalisasi membawa dampak dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter berbasis budaya dalam menghadapi tantangan globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan karakter ini merupakan nilai yang perlu diwujudkan dalam kelangsungan hidup bangsa, yang akan menjadi tumpuan anak bangsa Indonesia untuk menjadi pribadi yang berkualitas, sesuai dengan 18 nilai-nilai karakter yang berlandaskan pada budaya bangsa. Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan. Pendidikan karakter ini sebaiknya dapat dilakukan melalui pendekatan komprehensif (global) dan holistik (menyeluruh). serta dapat dilaksanakan dengan melalui proses pembelajaran (teaching), keteladanan (modeling), penguatan (reinforcing), dan pembiasaan (habituating).

References

Giri, I. M. A. 2020. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 59-66.

Budiwibowo, S. 2016. Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01).

Sulhan, M. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena, 9(1), 159-172.

Tambunan, J. R. 2020. Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1(2), 1-14.

Nurabadi, A. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dan Lingkunan Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 92-99.

Rakhmat, C. 2013. Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Modernitas. Institut Hindu Dharma Negeri, Bali.

Tutuk, N. 2015. Implementasi pendidikan karakter.

Karim, N. 2010. Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69-89.

Omeri, N. 2015. Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Wardani, K. 2010, November. Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI (pp. 8-10).

Furkan, N. 2013. Pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Magnum Pustaka.

Marsono, M. 2019, August. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.

Restu, N. K. 2022. Pendidikan Berbasis Budaya Di Era Globalisasi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 481-487.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-31

Most read articles by the same author(s)