Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9156Keywords:
character; culture; globalizationAbstract
Pendidikan di Indonesia perlu mengintegrasikan nilai kebudayaan sebagai dasar untuk membangun dan mengembangkan kehidupan yang lebih beradab. Hal ini agar peserta didik memiliki tolak ukur moral yang perlu mencakup nilai-nilai kebudayaan di era globalisasi. Globalisasi membawa dampak dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter berbasis budaya dalam menghadapi tantangan globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan karakter ini merupakan nilai yang perlu diwujudkan dalam kelangsungan hidup bangsa, yang akan menjadi tumpuan anak bangsa Indonesia untuk menjadi pribadi yang berkualitas, sesuai dengan 18 nilai-nilai karakter yang berlandaskan pada budaya bangsa. Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan. Pendidikan karakter ini sebaiknya dapat dilakukan melalui pendekatan komprehensif (global) dan holistik (menyeluruh). serta dapat dilaksanakan dengan melalui proses pembelajaran (teaching), keteladanan (modeling), penguatan (reinforcing), dan pembiasaan (habituating).
References
Giri, I. M. A. 2020. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 59-66.
Budiwibowo, S. 2016. Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01).
Sulhan, M. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena, 9(1), 159-172.
Tambunan, J. R. 2020. Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1(2), 1-14.
Nurabadi, A. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dan Lingkunan Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 92-99.
Rakhmat, C. 2013. Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Modernitas. Institut Hindu Dharma Negeri, Bali.
Tutuk, N. 2015. Implementasi pendidikan karakter.
Karim, N. 2010. Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69-89.
Omeri, N. 2015. Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Wardani, K. 2010, November. Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI (pp. 8-10).
Furkan, N. 2013. Pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Magnum Pustaka.
Marsono, M. 2019, August. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).
Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.
Restu, N. K. 2022. Pendidikan Berbasis Budaya Di Era Globalisasi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 481-487.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Sinektik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.