Efektivitas Penerapan Program Pendidikan Karakter 7 Poe Atikan Terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Butsainah Butsainah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Frida Febriyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shalimar Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Wahyudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jennyta Caturiasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9155

Keywords:

Character, Character Education, Education

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peranan yang sangat penting dalam penanaman nilai-nilai karakter peserta didik khususnya pada anak sekolah dasar. Program 7 Poe atikan hadir untuk membentuk karakter perserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pandangan masyarakat terutama guru dan orangtua pada efektifitas penerapan program 7 poe atikan sebagai acuan pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil survey dan studi kepustakaan. Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwasanya efektifitas penerapan program 7 poe atikan di Purwakarta ini efektif dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Sehingga Pendidikan yang dijalankan tidak hanya menjadikan siswa cerdas secara akademik, namun memiliki karakter yang baik bagi kehidupan bangsa. Hal ini diharapkan menjadi perhatian penting dan kerja sama dari berbagai pihak seperti keluarga, sekolah, guru, masyarakat dan dinas pemerintah agar anak dapat menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: 7 Poe Atikan ; Karakter ; Pendidikan ; Pendidikan Karakter

References

Efendi, R., & Gustriani, D. 2022. Manajemen kelas di sekolah dasar: Penerbit Qiara Media

Kholifah, W. T. 2020. Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120.

Maawiyah, A. 2015. Urgensi Pendidikan Karakter Dalam. Itqan, VI(2), 17–27.

Mustoip, S., Japar, M., & Zulela. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya 2018.

N, O. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Ni Putu Suwardani. 2020. “QUO VADIS†Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. In Unhi Press.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sugiaryo, R. 2020. Pendidikan Karakter Berbasis Nasionalisme. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Sukadari. (n.d.). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Ismoyo (ed.)). Kanwa Publisher.

Suwardani, N. P. 2020. “Quo Vadis†Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar: UNHI Press.

Suyitno, I. 2012. PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(February 2012), 1–13.

Trisiana, A., Sugiaryo., Rispantyo. 2020. Pendidikan Karakter Berbasis Nasionalisme. Surakarta: UNISRI Press.

Tsauri, S. 2015. Pendidikan Karakter: Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. In IAIN Jember Press.

Ulum, I. A. dan B. 2012. Konsep Pendidikan Ramah Anak Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas Rendah Di Sd Muhammadiyah. Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan), 1, 78–87.

Wulandari, H. 2017. Menumbuhkan Pendidikan Karakter Melalui Atikan Purwakarta Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Metodik Didaktik, 13(1).

Zubaedi. 2018. Desain Pendidikan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2024-01-31

Most read articles by the same author(s)