ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 02 SEMARANG

Authors

  • Cikal Damayanti Karimah Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4634

Keywords:

Learning Difficulties, Mathematics, Time Measurement.

Abstract

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Pengukuran Waktu SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas III SD Negeri Wetan 02 Semarang. Instrumen yang digunakan berupa soal, wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (a) Kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu termasuk : kesulitan dalam menentukan satuan waktu, keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memahami konsep pengukuran waktu. (b) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu yaitu faktor internal meliputi sikap siswa, kesehatan tubuh, dan motivasi bealajar matematika. Sedangkan faktor eksternal meliputi variasi mengajar, penggunaan media dan sarana prasarana.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyadi, Hernita. 2016. “Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anak”. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 No 1, Juli 2016.

Mulyati. 2010. Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG PRES.

Subekti, Ervina Eka. 2011. “Menumbuh Kembangkan Berfikir Logis Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik”. Dalam Malih Pedas : Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 1 No. 1, Juli 2011.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: RT. Raja Grapindo Persada

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-01