ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 02 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4634Keywords:
Learning Difficulties, Mathematics, Time Measurement.Abstract
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Pengukuran Waktu SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas III SD Negeri Wetan 02 Semarang. Instrumen yang digunakan berupa soal, wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (a) Kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu termasuk : kesulitan dalam menentukan satuan waktu, keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memahami konsep pengukuran waktu. (b) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu yaitu faktor internal meliputi sikap siswa, kesehatan tubuh, dan motivasi bealajar matematika. Sedangkan faktor eksternal meliputi variasi mengajar, penggunaan media dan sarana prasarana.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyadi, Hernita. 2016. “Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anakâ€. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 No 1, Juli 2016.
Mulyati. 2010. Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG PRES.
Subekti, Ervina Eka. 2011. “Menumbuh Kembangkan Berfikir Logis Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistikâ€. Dalam Malih Pedas : Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 1 No. 1, Juli 2011.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: RT. Raja Grapindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SINEKTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.