PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2531Keywords:
Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design, dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata nilai pretest yaitu 63,95 dan meningkat pada nilai posttest dengan rata-rata 76,84. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (10,013> 2,02) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berpengaruh terhadap hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019
References
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Setianingsih, Eka Sari. dkk. 2016. Diktat Strategi Belajar Mengajar. Semarang: UPGRIS.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soegeng Ysh., A.Y. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.