KEEFEKTIVAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V

Authors

  • Toni Febri Hariadi univ. pgri semarang
  • Mudzanatun Mudzanatun univ. pgri semarang
  • Rustopo Rustopo univ. pgri semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2800

Keywords:

model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), membaca puisi.

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca puisi siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas V SD Negeri 3 Banjarejo kabupaten Blora tahun pelajaran 2018/2019. Metode membaca puisi menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), menunjukan nilai rata-rata pretest 74,277 sedangkan nilai rata-rata posttest 78,611, sehingga ada peningkatan. Pada analisis akhir hasil uji t diketahui lebih besar dari  (3,545 > 2,030) taraf signifikan 5%. Kemampuan membaca puisi siswa terbukti meningkat dengan pemerolehan nilai yang semakin bagus ketika dilakukan posttest setelah diberikan perlakuan. Kesimpulannya bahwa model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) efektif terhadap membaca puisi di kelas V SD Negeri 03 Banjarejo kabupaten Blora

Author Biographies

Toni Febri Hariadi, univ. pgri semarang

pgsd

Mudzanatun Mudzanatun, univ. pgri semarang

pgsd

Rustopo Rustopo, univ. pgri semarang

pgsd

References

Santosa, Puji dkk. 2008. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-03-14