KEEFEKTIVAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2800Keywords:
model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), membaca puisi.Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca puisi siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas V SD Negeri 3 Banjarejo kabupaten Blora tahun pelajaran 2018/2019. Metode membaca puisi menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), menunjukan nilai rata-rata pretest 74,277 sedangkan nilai rata-rata posttest 78,611, sehingga ada peningkatan. Pada analisis akhir hasil uji t diketahui lebih besar dari  (3,545 > 2,030) taraf signifikan 5%. Kemampuan membaca puisi siswa terbukti meningkat dengan pemerolehan nilai yang semakin bagus ketika dilakukan posttest setelah diberikan perlakuan. Kesimpulannya bahwa model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) efektif terhadap membaca puisi di kelas V SD Negeri 03 Banjarejo kabupaten BloraReferences
Santosa, Puji dkk. 2008. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.