PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD N TAMAN SARI 01 PATI
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986Keywords:
Pengembangan, Media, ScrapbookAbstract
Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran karena kurangnya pemanfaatan media berakibat pada kurangnya pemahaman siswa. Penelitian ini mengembangkan media scrapbook pada pembelajaran tematik.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media scrapbook pada pembelajaran Tematik di kelas I.Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SDN Taman Sari 01 Pati. Data penelitian ini berupa hasil validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi serta respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Sumber data yaitu dari validator, praktisi, dan siswa kelas I SDN Taman Sari 01 Pati.Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE.Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media scrapbook dalam pembelajaran Tematik, media yang dikembangkan terbukti valid berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan praktisi. Media pembelajaran juga dapat diterima siswa terbukti dengan semangat siswa dan respon siswa.References
Heinich, Molenda and Russel. 1996. Intructional Media and Technologies for Learning .5th ed. New Jersey.Prentice- Hall, Inc
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Resia Hana Safitri. 2017. Pengaruh Media Scrapbook Sciencetale Terhadap hasil Belajar Siswa Materi Proses Daur Air di Sekolah Dasar. Jurnal. Surabaya : PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.