ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN NORMA DAN KEADILAN PADA PPKn BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4132Kata Kunci:
Kata Kunci, Proses Pembelajaran, Norma, Keadilan, PPKnAbstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran norma dan keadilan pada PPKn bagi peserta didik kelas VII SMP Negeri 23 Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaran, kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pembelajaran norma dan keadilan dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 23 Surakarta kurang optimal. Hal tersebut ditujukkan dengan hasil penilaian aspek afektif yaitu kurang optimal, hal tersebut ditunjukkaan siswa kurang aktif menjawab pertanyaan serta siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dengan seksama. Hasil penilaian aspek psikomotorik yaitu aktivitas siswa dalam menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas sudah baik. Siswa saat mempersentasikan jawabannya di depan kelas dengan percaya diri. Â
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Norma, Keadilan, PPKn
ABSTRACT
The aim of the research is to find out the process of norms and justice learnings on civics of 7th grade students at SMP 23 Surakarta. The kind of research is descriptive qualitative research. The sources of data are primary and secondary data. The subjects of the research are teachers of civics subject, the principal, and the students. The methods of collecting the data are observation, interview, and documentation. The trustworthiness was conducted through source and method triangulation. The technique of analyzing the data used interative analysis model. The research findings show that the process of norms and justice learnings on civics of 7th grade students at SMP Negeri 23 Surakarta is less optimum. It could be viewed from less optimum affective factor showed from the studenst who are less active in answering questions and they less pay attetion of the teacter. The result of assessment from psychomotor aspect is that the activity of the students in conveying the result of group activity in front of the class is good. They present their answer confidently.
Keywords: Learning Process, Norms, Justice, Civics subject.
Â
Referensi
Abdul Majid, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dedi Mulyasana, 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dharma Ferry. 2014. Analisis Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Protista Kelas X Sma Negeri 5 Sungai Penuh. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi PPs UNP.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Faturochman. 2012. Keadilan Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Irma Nur Afriani. 2018. Peran Pembelajarn Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik sebagai Warganegara Yang Baik di SMP Negeri 2 Banyumas. Insania, Vol. 24, No. 2, Juli 2018.
Luthfi Nur Alfiati dan Anita Trisiana 2017. Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Siswa Sebagai Pendukung Revolusi Mental (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 4 Karanganom Kabupaten Klaten). Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 3 No. 1 Tahun 2017. Diakses melalui: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/1819.
M. Saekhan Munchit, 2008. Pembelajaran Konstekstual, Semarang: RaSAIL Media Group.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Nurul Rosidah, Sugiaryo dan Anita Trisiana. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Base Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas X PS-2. Jurnal Global Citizen. Vol. VIII No. 2 Tahun 2019. Diakses melalui: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/3375.
Soli Abimanyu. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dikti, Depdiknas.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada.
Sutrisno. 2014. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Globalâ€. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Thobrani, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011, Belajar & Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trisiana, A. (2015). Action For Citizenship Education Of Character Education Using Project Citizen Model At Senior HighSchool In Indonesia. International Journal of Education and Psychology in the Community IJEPC, 5 (1 & 2), 42–53. Retrieved from https:/www.ceeol.com/search/article- detail?id=329822
Vivit Dwi Puspitasari. dan Anita Trisiana 2017. Peningkatan Karakter Kreatif Dan Disiplin Melalui Model Pembelajaran Project Citizen Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas VIII A Di SMP Negeri 3 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 3 No. 1 Tahun 2017. Diakses melalui: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/1823
Qomar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Wina Sanjaya, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.