PENINGKATAN KARAKTER KREATIF DAN DISIPLIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII A DI SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Vivit Dwi Puspitasari & Anita Trisiana

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1823

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk memperoleh gambaran pelaksanaan model
pembelajaran Project Citizen pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3. Penelitian ini
dilaksanakan pada siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 3 Kebakkramat Tahun 2016/2017.
Data dalam penelitian ini berupa karakter kreatif dan disiplin dalam PPKn sebelum dan
setelah menggunakan model pembelajaran Project Citizen. Sumber data dalam penelitian
ini di peroleh dari guru, siswa, interaksi antara siswa dengan guru tempat dan peristiwa
sedang berlangsung. Prosedur penlitian menggunakan dua siklus yaitu, sikuls I dan siklus
II, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan, dokumentasi, wawancara, tes, dan
metode observasi. Validitas data menggunakan validitas isi dan validitas kontruksi.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan kritis kooperatif.
Berdasarkan hasil penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan pada siswa
Kelas VIII A SMP Negeri 3 Kebakkramat dengan model pembelajaran Project Citizen
dalam PPkn maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ditunjukan dari kondisi awal ke siklus
I dari 6 siswa menjadi 23 siswa peningkatan 17 siswa sebesar 53,13 jadi ketuntasan
belajar pada siklus I sebesar 71,88%. Pada siklus I ke siklus II dsari 23 siswa meningkat
menjadi 25 dengan prosentase sebesar 6,25% ketuntasan belajar pada siklus II sebesar
78,13%.
Kata Kunci : Karakter Kreatif, Disiplin, Model Project Citizen, Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan

PlumX Metrics

Published

2017-11-09