PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.33061/jeku.v21i1.5941Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis makanan kini semakin ketat, maka dari itu para pelaku bisnis makanan dituntut untuk menciptakan strategi yang dapat menarik para konsumen untuk mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan agar mampu bersaing dan unggul dibanding pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh brand image terhadap kepuasan konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen, menganalisis signifikansi pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, brand image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, brand image berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen dan brand image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.
References
Albari dan Kartikasari, Atika. 2019. “The Influence of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyaltyâ€. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, Vol. III, No. 01.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Arinda, Fitri, Soetjipto dan Hermawan, Agus. 2018. “The Effect of Product Quality, Brand Image and Menu Variety on Customer’s Satisfaction as An Intervening Variableâ€. European Journal of Busniness and Management. Vol. 10, No. 11.
Andreas, Caesar dan Yuniati, Tri. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interveningâ€. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 5, Hal. 1-16.
Anisah, Silvi dan Nurfarida, Iva. 2018. “Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelangganâ€. Jurnal Managementxand BusinessxReview. Vol. 2, No. 2, Hal. 123-131.
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Raja Grapindo. Jakarta
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivaret dengan Program IBM SPSS 25.
Universitas Diponegoro. Semarang.
Hamidah, Nurul, Rahma dan Hufron. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Atmosphere terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Cafe Coklat Klasik Malangâ€. Jurnal Riset Manajemen. Vol. 8, No. 5.
Handoko. 2013. Manajemen. Edisi Kedua, Cetakan Ketiga Belas. BPFE. Yogyakarta. Husein, Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. Jakarta.
Kusumasasti, Ika, Andarwati dan Djumilah. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffe Shopâ€. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 22, No. 2, Hal. 123-129.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.
Erlangga. Jakarta.
. 2015. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (Alih Bahasa Bob Sabran). Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
Lestari, Ani dan Yulianto, Edy. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A Kota Malang)â€. Jurnal Administrasi (JAB), Vol. 54, No. 1, Januari 2018.
Rahman dan Rayuwanto. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interveningâ€. Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen & Akuntansi. Vol. 1 No. 1.
Ristyanadi, Bhiaztika dan Jayanti. 2018. “Pengaruh Citra Merk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Perilaku KonsumenToko Roti Lyly Bakery)â€. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol. III, No. 2.
Sangadji, Etta., dan Shopiah. 2013. PerilakuxKonsumen. AndixOffset. Yogyakarta. Veronika, Elza, Burhanudin, AY dan A. Ida. 2018. “Pengaruh Brand Image,
Harga dan Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Martabak Brengos (D’Mrongos) Soloâ€. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 7, No. 2, Mei 2018, Hal. 148-156.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rista Kurnia Astuti, Rahayu Triastity, Retno Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.