UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

Authors

  • Siti Rodziyah Universitas Slamet Riyadi
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas Universitas Slamet Riyadi
  • M. Hery Yuli Setiawan Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3197

Keywords:

Social Skill, Traditional Game Boy-Boyan.

Abstract

The aims of the study was to improve early age children’s social skill through traditional game Boy-Boyan in emotional social development of kelompok B TK Budi Luhur Sragen in the 2019/2020 Academic Year. This research was a classroom action research (CAR) WHICH USED Kemmis and Mc Taggart modification, Subject of this research were 17 children. The object of this research was improving early age children’s social skill through traditional game Boy-Boyan. The technique of collecting data were interview, observation and documentation. The instrument used were observation guide. Technique of analysis data was quantitative, sets of minimal indicators were if 75% from 17 children have improved the social skill or at least have developed as been hoped. The findings show that traditional game Boy-Boyan able to improve the social skill of children in kelompok B TK Budi Luhur Sragen in the academic year 2019/2020. It can be proven in indicators’ avhievement which developed very good. In cycle I, siial skill improved in 7 students from 17 student or 41,17% was in develop criteria as been hoped. While in cycle II, social skill have been improved to 14 student from 17 or in 82,34% was in the criteria of very good developed and developed as what has been expected. The research was stopped because of the fulfillment of successful indicator or developed as what has been expected 75% from 17 children.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional boy-boyan kelompok B Di TK Budi Luhur Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart, subjek dalam penelitian adalah 17 anak. Obyek dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional Boy-boyan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan panduan observasi, teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, indikator minimal yang ditetapkan yaitu apabila minimal 75% dari 17 anak memiliki peningkatan dalam ketrampilan sosial kriteria minimal berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional boy-boyan dapat meningkatkan ketrampilan sosial anak kelompok B Di TK Budi Luhur Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dalam pencapaian indikator yang berkembang sangat baik. Pada siklus I ketrampilan sosial anak mengalami peningkatan sebanyak 7 anak dari 17 anak atau 41,17% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Sedangkan dalam siklus II, ketrampilan sosial anak mengalami peningkatan sebanyak 14 anak dari 17 anak atau sebesar 82,34% berada pada kriteria berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator minimal berkembang sesuai harapan yaitu 75% dari 17 anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harun Rasyid,dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional & Peranannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model permainan tradisional “boy-boyan” untuk meningkatkan perkembangan sosial anak SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).

Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.

Setiawan, M. H. Y. (2017). Permainan Kooperatif dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Audi, 1(1).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_____. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: kencana prenada media group.

Suwandi, Sarwiji. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Penulis Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

PlumX Metrics

Published

2019-12-31

How to Cite

Rodziyah, S., Kusumaningtyas, L. E., & Setiawan, M. H. Y. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 87–99. https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3197

Most read articles by the same author(s)