PERMAINAN KOOPERATIF DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1207Abstract
Keterampilan sosial anak usia dini merupakan kemampuan anak untuk bersosialisasi atau berinteraksi
dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara-cara khusus yang dapat diterima dan menghindari perilaku
yang akan di tolak oleh lingkungan. Maka keterampilan sosial pada anak usia dini perlu dikembangkan secara
optimal untuk bekal perkembangan selanjutnya, karena keterampilan sosial berpengaruh pada penerimaan siswa
dalam kelompok sehingga dapat berkembang lagi dalam perkembangan selanjutnya. Aspek dari keterampilan
sosial antra lain sikap empati, bekerja sama, tanggung jawab, dan persaingan sehat. Maka sangat perlunya untuk
melatih keterampilan sosial tersebut. Metode Permainan kooperatif dapat menjadi sarana untuk mengembangkan
dan melatih keterampilan sosial anak karena permainan adalah bagian dari anak-anak yang tidak bisa dilepaskan.
Anak akan merasa senang dan larut dalam permainan sehingga tidak disadari sedang belajar untuk melatih
keterampilan sosial mereka. Anak akan aktif dalam permainan yang menuntut anak untuk bermain secara
kelompok dan saling berbagi. Maka permaianan Kooperatif adalah metode pembelajaran dengan permainan yang
biasa dimainkan bersama atau berkelompok sehingga metode permainan kooperatif dapat meningkatkan aspekaspek
pada keterampilan sosial anak.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Permainan Kooperatif, Anak Usia Dini
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.