KREATIVITAS PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN PADA PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD 2013
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736Keywords:
PAUD Educators, Scientific Learning, 2013 CurriculumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas pendidik pada pembelajaran saintifik sesuai kurikulum PAUD 2013 di Lembaga PAUD. Melihat bagaimana pendidik dalam mengelola kelas dan bagaimana implementasi kurikulum 2013 di di Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Penelitian ini merupakan Study Kasus, mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Pendidik di TK Gagak Sipat Boyolali, Data diambil berdasarkan Sampel di Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saat pelaksanaan pembelajaran. Keabsahan data mengunakan triangulasi teori, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pembahasan untuk mendapatkan gambaran mengenai peranan implementasi pembelajaran saintifik di kurikulum PAUD 2013. Prosedur penelitian meliputi tahap pralapangan, tahapan pekerjaan lapangan, tahapan analisis dan interpretasi data. Luaran dari penelitian ini adalah rekomendasi mengenai pendekatan saintifik dalam impelemntasi kurikulum 2013 disamping Artikel sebagai pertanggunganjawab hasil penelitian yang siap dimuat di jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukan kreativitas guru dalam pembelajaran saintifik implementasi kurikulum 2013 di Lembaga TK Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Kreativitas guru dalam pembelajaran dalam kategori sedang maka direkomendasikan untuk ditingkatkan karena terbukti dengan kreativitas guru dapat mempengaruhi aspek perkembangan anak.
Downloads
References
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan , Sekretaris Jendral. Pusat data dan Statistik Pendidikan dan kebudayaan. 2017. Statistik Pendidikan anak usia dini 2016/2017. Jakarta: Setjen, Kemdikbud. ISSN 0852 - 0399 371.00212
Putu Esy S, dkk. 2017. Pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik terhadap perkembangan kemampuan Mengenal warna pada anak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 5. No. 2 - Tahun 2017)
Ucik Ratnasari, dkk. ____.Kreativitas Guru Paud Dalam Memanfaatkan Bahan Sisa Dan Bahan Alam Sebagai Sumber Belajar Dikecamatan Kempas Kabupatenindragiri Hilir Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. https://media.neliti.com/.../184082-ID-kreativitas-guru-paud-dalam-memanfaatkan.pd...( diunduh pada tanggal 5 Januari 2018)
Dwi Prapsiwi. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali) Artikel Tesis. eprints.ums.ac.id/24302 (diunduh tanggal 6 Januari 2017)
Karen Worth . 2010. Science in Early Childhood Classrooms: Content and Process. University of Illinois at Urbana-Champaign College of Education Early Childhood and Parenting Collaborative/ http://ecrp.illinois.edu/beyond/seed/worth.html
Cucu Sopiah. 2014. Kreatifitas Guru Paud Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Majalah Ilmiah Pawiyatan. Vol : XXI, No : 1, MARET 2014.
Elti L Gultom . 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Untuk Penanaman Kompetensi Inti. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 no. 1 2017, Hal. 365-370
Widarni D Wijana, dkk. 2011. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka
Hapidin.,dkk. 2013. Manajemen Pendidikan TK. Universitas Terbuka
Luluk Asmawati. 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Soegeng Santoso. 2008. Dasar-dasar pendidikan TK. Universitas Terbuka.
Ali Nugraha, dkk. 2015. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Dirjen PAUD daan Dikmas.
Alvy kerby etc. 2003. Bringing Parenting Education Into the Early Childhood Care and Education System. Center for Improvement of child caring. www.ciccparenting.org
Bock, janet et, al. 1992. The young child, development from th birth through age eight. New York : Maxwell Maxmillan International
Catron, carol E dan Jan Allen.1999. Early Childhood Curiculum: A creative Play model2nd edition. New Jersey : Merill Publ.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia dini. 2011. Petunjuk Teknis Orientasi teknis peningkatan pemahaman program penguatan PAUD berbasis keluarga (Parenting). Kementrian pendidikan nasional.
Ernawati. 2011. Pengelolaan Paud Terintegrasi Posyandu diPos PAUD Tunas Bangsa. http://pengelolaan-paud-terintegrasi-posyandu.html (diakses 17 September 2011).
Gardner, Howard. 2007. Multiple Intelegensi. Jakarta : Indeks
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning. Jakarta : Gramedia
Hurlock, Elizabeth B. 1995. Perkembangan anak jilid 1 dan 2. Jakarta : Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul asli: Child evelopment
Latief, dkk. 2013. Orientasi baru pendidikan Anak usia dini, teori dan aplikasi. Kencana Prenada Media group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.