KREATIVITAS PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN PADA PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD 2013

Authors

  • M. Hery Yuli Setiawan Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736

Keywords:

PAUD Educators, Scientific Learning, 2013 Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kreativitas pendidik  pada pembelajaran saintifik sesuai kurikulum PAUD  2013 di Lembaga PAUD. Melihat bagaimana pendidik dalam mengelola kelas dan bagaimana implementasi kurikulum 2013 di  di Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Penelitian ini merupakan  Study Kasus, mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Pendidik di TK Gagak Sipat Boyolali, Data diambil berdasarkan Sampel di Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saat pelaksanaan pembelajaran. Keabsahan data mengunakan triangulasi teori, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pembahasan untuk mendapatkan gambaran mengenai peranan implementasi pembelajaran saintifik di kurikulum PAUD 2013. Prosedur penelitian meliputi tahap pralapangan, tahapan pekerjaan lapangan, tahapan analisis dan interpretasi data. Luaran dari penelitian ini adalah  rekomendasi mengenai pendekatan saintifik dalam impelemntasi kurikulum 2013 disamping  Artikel sebagai pertanggunganjawab hasil penelitian yang siap dimuat di jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukan kreativitas guru dalam pembelajaran saintifik implementasi kurikulum 2013 di Lembaga TK Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Kreativitas guru dalam pembelajaran dalam kategori sedang maka direkomendasikan untuk ditingkatkan karena terbukti dengan kreativitas guru dapat mempengaruhi aspek perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan , Sekretaris Jendral. Pusat data dan Statistik Pendidikan dan kebudayaan. 2017. Statistik Pendidikan anak usia dini 2016/2017. Jakarta: Setjen, Kemdikbud. ISSN 0852 - 0399 371.00212

Putu Esy S, dkk. 2017. Pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik terhadap perkembangan kemampuan Mengenal warna pada anak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 5. No. 2 - Tahun 2017)

Ucik Ratnasari, dkk. ____.Kreativitas Guru Paud Dalam Memanfaatkan Bahan Sisa Dan Bahan Alam Sebagai Sumber Belajar Dikecamatan Kempas Kabupatenindragiri Hilir Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. https://media.neliti.com/.../184082-ID-kreativitas-guru-paud-dalam-memanfaatkan.pd...( diunduh pada tanggal 5 Januari 2018)

Dwi Prapsiwi. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali) Artikel Tesis. eprints.ums.ac.id/24302 (diunduh tanggal 6 Januari 2017)

Karen Worth . 2010. Science in Early Childhood Classrooms: Content and Process. University of Illinois at Urbana-Champaign College of Education Early Childhood and Parenting Collaborative/ http://ecrp.illinois.edu/beyond/seed/worth.html

Cucu Sopiah. 2014. Kreatifitas Guru Paud Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Majalah Ilmiah Pawiyatan. Vol : XXI, No : 1, MARET 2014.

Elti L Gultom . 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Untuk Penanaman Kompetensi Inti. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 no. 1 2017, Hal. 365-370

Widarni D Wijana, dkk. 2011. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka

Hapidin.,dkk. 2013. Manajemen Pendidikan TK. Universitas Terbuka

Luluk Asmawati. 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Soegeng Santoso. 2008. Dasar-dasar pendidikan TK. Universitas Terbuka.

Ali Nugraha, dkk. 2015. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Dirjen PAUD daan Dikmas.

Alvy kerby etc. 2003. Bringing Parenting Education Into the Early Childhood Care and Education System. Center for Improvement of child caring. www.ciccparenting.org

Bock, janet et, al. 1992. The young child, development from th birth through age eight. New York : Maxwell Maxmillan International

Catron, carol E dan Jan Allen.1999. Early Childhood Curiculum: A creative Play model2nd edition. New Jersey : Merill Publ.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia dini. 2011. Petunjuk Teknis Orientasi teknis peningkatan pemahaman program penguatan PAUD berbasis keluarga (Parenting). Kementrian pendidikan nasional.

Ernawati. 2011. Pengelolaan Paud Terintegrasi Posyandu diPos PAUD Tunas Bangsa. http://pengelolaan-paud-terintegrasi-posyandu.html (diakses 17 September 2011).

Gardner, Howard. 2007. Multiple Intelegensi. Jakarta : Indeks

Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning. Jakarta : Gramedia

Hurlock, Elizabeth B. 1995. Perkembangan anak jilid 1 dan 2. Jakarta : Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul asli: Child evelopment

Latief, dkk. 2013. Orientasi baru pendidikan Anak usia dini, teori dan aplikasi. Kencana Prenada Media group.

Published

2018-12-13

How to Cite

Setiawan, M. H. Y. (2018). KREATIVITAS PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN PADA PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD 2013. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736