PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Eni Rahayu Universita Slamet Riyadi
  • Hera Heru Sri Suryanti Universitas Slamet Riyadi
  • M. Hery Yuli Setiawan Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3029

Keywords:

Scientific Approach, Cognitive Development, Early Childhood

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan perkembangan kognitif pada anak melalui pendekatan saintifik di kelompok B TK Pertiwi II Gagaksipat Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi II Gagaksipat Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan mendeskribsikan kegiatan kemudian membandingkan nilai hasil belajar kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok B TK Pertiwi II Gagaksipat Boyolali. Pada siklus I perkembangan kognitif anak mengalami peningkatan sebesar 50%. Sedangkan dalam siklus II, perkembangan kognitif anak mengalami peningkatan sebesar 79,16%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjo & Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Saepudin, A. S. A. (2013). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 213-226.

A.Machin. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.3, No.1.2014.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Huliyah, Muhiyatul. HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. aṣ-ṣibyān : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No 01 Januari. Tahun 2017.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2011). Identifikasi model sekolah ramah anak (sra) jenjang satuan pendidikan anak usia dini se-kecamatan Semarang selatan. PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1).

Dwy Rahayu, R. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO KARTUN MENCAMPUR WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TERPADU AL-HIDAYAH II DS. BAKUNG KEC. UDANAWU KAB. BLITAR. PAUD Teratai, 2(2

PlumX Metrics

Published

2019-06-29

How to Cite

Rahayu, E., Sri Suryanti, H. H., & Setiawan, M. H. Y. (2019). PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELOMPOK B. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3029