PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2807Keywords:
Metode Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPSAbstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema Indahnya Kebersamaan pada peserta didik Kelas IV SDN Kabongan Kidul di Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penerapan Metode Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 39 anak, terdiri dari 21 putra dan 18 putri. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian adalah hasil belajar meningkat. Hasil belajar pada Kondisi Awal dengan nilai rata-rata sebesar 61,53 dan ketuntasan sebesar 51,28%. Hasil belajar pada Siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,33 dan ketuntasan sebesar 69,23%. Hasil belajar pada Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 83,84 dan ketuntasan sebesar 89,74%.
References
Fitriani, Tieka. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Metode Two Stay Two Stray dengan Power Point pada Siswa Kelas IV SD Karangampel 01 Kaliwungu Kudus. Semarang: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tidak dipublikasikan.
Lie, Anita. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.