INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ALQURAN
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2805Keywords:
, Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter, Pembiasaan Membaca AlquranAbstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui strategi, karakter, kendala dan solusi dalam internalisasi nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian bahwa strategi internalisasi melalui pengkondisian,  kontrak belajar, pembentukan kelompok, memberikan prioritas, memberi contoh, penanaman nilai karakter, pengulangan, pemberian motivasi, berinteraksi dengan Alquran, evaluasi, teguran, sangsi, dan reward. Persamaan karakter yang dimiliki subjek X, Y yaitu disiplin, kooperatif, kehormatan, tepat waktu, dan sopan santun. Subjek X memiliki nilai karakter lebih dari subjek Y yaitu penuh perhatian dan tanggung jawab. Kendala yang di hadapi guru terhadap subjek X, Y dan subjek X, Y sendiri yaitu hafalan sedikit, kurang konsentrasi, malas, dan ramai. Solusi guru terhadap subjek X, Y dengan maju lebih dahulu, pemberian tugas, pembentukan kelompok, diberi teguran, sangsi, motivasi, reward, dan mengkoordinasikan kepada wali murid. Solusi yang dilakukan subjek X, Y yaitu maju lebih awal, memperhatikan guru dan mengurangi sikap ramai, kesadaran diri, merespon bimbingan dari guru dan orang tua agar memiliki karakter positif.
References
Dindin Jamaluddin. 2010. Metode Pendidikan Anak: Teori dan Praktik. Bandung: PT. Pustaka Al-Fikris
Furqon Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: PT. Yuma Perkasa
Helmawati. Cet 2. 2016. Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
. Cet 1. 2017. Pendidikan Karakter Sehari- hari. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Ida Zusnani. 2012. Manajemen Pendidikan: Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta: Tugu Publisher
Jamal Ma’mur Asmani. Cet 3. 2012. Buku Panduan Internalisasi : Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Novan Ardy Wiyani dan Muhammad Irham. 2014. Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Saring Marsudi, dkk. 2008. Perkembangan Peserta didik. Surakarta: BP.FKIP UMS
Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam penelitian. Surakarta: UNS Press
Thomas Lickona. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.