UPAYA MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2801Keywords:
Afektif, Karakter, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap peserta didik menggunakan strategi pembelajaran CTL pada peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator keberhasilan yaitu diakhir siklus II memperoleh nilai akhir diatas 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik pada mata pelajaran PKN. Hal tersebut dibuktikan dengan lembar observasi sikap peserta didik. Pada siklus I peserta didik dengan nilai akhir sebesar 67% dan sebanyak 17 peserta didik yang mengalami ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85& atau sebanyak 22 peserta didik yang mengalami ketuntasan. Dengan demikian penerapan strategi pembe;ajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik bagi peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018References
E. Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sarwiji Suwandi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Yahya Arwiyah dan Runik Machfiroh. 2014. Civic Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.