PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA PADA CANDI CETHO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Sri Wahyuni UNISRI
  • A.R. Koesdyantho UNISRI

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2803

Keywords:

Etnomatematika, Candi Cetho, Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran etnomatematika pada Candi Cetho terhadap kemampuan berpikir kritis bangun datar kelas IV SD N Prawit 1 No.69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk pre-eksperimen design. Populasi penelitian adalah  peserta didik kelas IV yang berjumlah 35 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah paired simple t-test. Berdasarkan hasil analisis data nilai korelasi sebesar 0,076 berarti kedua variabel memiliki hubungan kuat. Kemudian, nilai signifikansi dibandingkan dengan 0,05 (0,000 < 0,05) disimpulkan Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Pada Candi Cetho Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD N Prawit 1 No.69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya dapat diterima. Sedangkan hasil korelasi N Gain  didapat 0,60 (sedang) yang berarti treatment yang diberikan efektif.

Author Biographies

Sri Wahyuni, UNISRI

pgsd

A.R. Koesdyantho, UNISRI

PKn

References

Arikunto Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta..

. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Deti Ahmatika. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry Atau Discovery. Jurnal Euclid. Vol. 3, No. 1: 377-525.

Dyah Worowirastri E, Dian Ika K. Dan Nawang S. 2017. Ethnomathematica Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD. Vol. 5, No. 2: 716-721.

Ema Butsi P. dan Ratna W. 2015. Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Materi Geometri Dengan Teknik Scaffolding. Jurnal Widya Wacana. Vol. 10, No. 1: 95-102.

Jumiati, dkk. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Number Heads Togethers (NHT) Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura. Vol. 02, No. 02: 161-185.

Restu Fristadi & Haninda Bharata. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. 597-602.

Yayan Eryk S & Sunardi. 2015. Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Dimensi Bangun Datar Dan Bangun Ruang. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.263-268.

Zubaidah Amir & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Published

2018-12-13