KEEFEKTIFAN MEDIA MOBIL (MONOPOLI BILANGAN) DALAM MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2798Keywords:
Monopoli, NHT, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan media MOBIL (Monopoli Bilangan) dalam model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IVÂ SD Negeri 1 Badamita Kabupaten Banjarnegara. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-ekspeimental designs dengan bentuk One-Goup-Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam penggunaan media MOBIl (Monopoli Bilangan) dalam model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Badamita Kabupaten Banjarnegara. Hal ini diperkuat pada analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung =9,542. Dari daftar distribusi t dengan db=20-1 =19 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel =1,729 Karena kriteria pengujian thitung > ttabel maka Ha diterima.
References
Muli’atunni’am. 2011. Efektifitas Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap keaktifan dan hasil belajar pada kelas VIII SMP Pondok MODERN Slamet Kendal pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Tahun 2010/2011 ( http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20284 ) Sabtu 7 Januari 2017 pukul 14.23
Nurhayati, Eni. 2010. Teori Ringkas Latihan Soal dan Pembahasan IPA SD KELAS IV,V,V1. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.