KUALITAS PELAYANAN PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2020

Authors

  • Erwanto Budi Santosa Pascasarjana Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v10i1.5110

Keywords:

Bukti fisik, Daya tanggap, Empati, Jaminan, Kehandalan.

Abstract

Menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan pelayanan publik untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu fungsi dari pemerintah. Pelayanan publik yang efektif, efisien, berkeadilan, transparan dan akuntabel dapat diwujudkan apabila birokrasi dapat melaksanakan fungsi pemerintah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan narasumber menggunakan teknik purposive sampling. Tahapan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Karanganyar dinilai dari beberapa dimensi, yaitu: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Dimensi bukti fisik kenyamanan tempat belum belum sesuai harapan masyarakat. 2) Dimensi kehandalan dari sisi kecermatan, adanya standar pelayanan, dan kemampuan petugas cukup memuaskan, tetapi keahlian petugas masih belum sesuai harapan; 3) Dimensi daya tanggap merespon setiap pemohon, cepat, tepat, cermat sudah sesuai harapan masyarakat, tetapi ketepatan waktu masih belum sesuai harapan; 4) Dimensi jaminan berupa jaminan biaya, legalitas dan pelayanan sudah sesuai harapan masyarakat, untuk jaminan waktu masih belum sesuai harapan; 5) Dimensi empati sikap petugas yang mendahulukan masyarakat, ramah, sopan santun dan tidak diskriminatif.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-15

How to Cite

Santosa, E. B. (2021). KUALITAS PELAYANAN PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2020. JI@P, 10(1). https://doi.org/10.33061/jp.v10i1.5110

Issue

Section

Artikel