PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Gifkar Ika Octova, Fenny Roshayanti, Sunan Baedowi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu  media animasi interaktif  terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku SD Negeri 01 Medono Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi-Experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung (2,457) > ttabel (2,015) dengan koefisien signifikansi pada taraf 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media animasi interaktif. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,78 dari kelas kontrol yaitu 73,65. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 87% dan mencapai kriteria berhasil sedangkan ketuntasan belajar klasikal kelas kontrol yaitu 52% dan tidak mencapai kriteria.


Keywords


Problem Based Learning, Media Animasi Interaktif, Hasil Belajar

References


Soegeng, A. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.




DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v2i1.2946

Copyright (c) 2019 JURNAL SINEKTIK