PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Authors

  • Gifkar Ika Octova UPGRIS
  • Fenny Roshayanti UPGRIS
  • Sunan Baedowi UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2946

Keywords:

Problem Based Learning, Media Animasi Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu  media animasi interaktif  terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku SD Negeri 01 Medono Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi-Experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung (2,457) > ttabel (2,015) dengan koefisien signifikansi pada taraf 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media animasi interaktif. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,78 dari kelas kontrol yaitu 73,65. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 87% dan mencapai kriteria berhasil sedangkan ketuntasan belajar klasikal kelas kontrol yaitu 52% dan tidak mencapai kriteria.

Author Biographies

Gifkar Ika Octova, UPGRIS

PGSD

Fenny Roshayanti, UPGRIS

PGSD

Sunan Baedowi, UPGRIS

PGSD

References

Soegeng, A. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

PlumX Metrics

Published

2019-12-03