INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ALQURAN

Sitta Hafida 'Ulum, A.R. Koesdyantho

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mengetahui strategi, karakter, kendala dan solusi dalam internalisasi nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian bahwa strategi internalisasi melalui pengkondisian,  kontrak belajar, pembentukan kelompok, memberikan prioritas, memberi contoh, penanaman nilai karakter, pengulangan, pemberian motivasi, berinteraksi dengan Alquran, evaluasi, teguran, sangsi, dan reward. Persamaan karakter yang dimiliki subjek X, Y yaitu disiplin, kooperatif, kehormatan, tepat waktu, dan sopan santun. Subjek X memiliki nilai karakter lebih dari subjek Y yaitu penuh perhatian dan tanggung jawab. Kendala yang di hadapi guru terhadap subjek X, Y dan subjek X, Y sendiri yaitu hafalan sedikit, kurang konsentrasi, malas, dan ramai. Solusi guru terhadap subjek X, Y dengan maju lebih dahulu, pemberian tugas, pembentukan kelompok, diberi teguran, sangsi, motivasi, reward, dan mengkoordinasikan kepada wali murid. Solusi yang dilakukan subjek X, Y yaitu maju lebih awal, memperhatikan guru dan mengurangi sikap ramai, kesadaran diri, merespon bimbingan dari guru dan orang tua agar memiliki karakter  positif.


Keywords


: Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter, Pembiasaan Membaca Alquran

References


Dindin Jamaluddin. 2010. Metode Pendidikan Anak: Teori dan Praktik. Bandung: PT. Pustaka Al-Fikris

Furqon Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: PT. Yuma Perkasa

Helmawati. Cet 2. 2016. Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

. Cet 1. 2017. Pendidikan Karakter Sehari- hari. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Ida Zusnani. 2012. Manajemen Pendidikan: Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta: Tugu Publisher

Jamal Ma’mur Asmani. Cet 3. 2012. Buku Panduan Internalisasi : Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Novan Ardy Wiyani dan Muhammad Irham. 2014. Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Saring Marsudi, dkk. 2008. Perkembangan Peserta didik. Surakarta: BP.FKIP UMS

Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam penelitian. Surakarta: UNS Press

Thomas Lickona. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media




DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v1i2.2805

Copyright (c) 2019 JURNAL SINEKTIK