KEEFEKTIFAN MEDIA MOBIL (MONOPOLI BILANGAN) DALAM MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Tri Endro Untoro Univ. Slamet Riyadi
  • Sukamto Sukamto Univ. PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Univ. PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2798

Keywords:

Monopoli, NHT, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan media MOBIL (Monopoli Bilangan) dalam model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV  SD Negeri 1 Badamita Kabupaten Banjarnegara. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-ekspeimental designs dengan bentuk One-Goup-Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam penggunaan media MOBIl (Monopoli Bilangan) dalam model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Badamita Kabupaten Banjarnegara. Hal ini diperkuat pada analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung =9,542. Dari daftar distribusi t dengan db=20-1 =19 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel =1,729 Karena kriteria pengujian thitung > ttabel maka Ha diterima.

Author Biographies

Tri Endro Untoro, Univ. Slamet Riyadi

PGSD

Sukamto Sukamto, Univ. PGRI Semarang

pgsd

Mei Fita Asri, Univ. PGRI Semarang

pgsd

References

Muli’atunni’am. 2011. Efektifitas Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap keaktifan dan hasil belajar pada kelas VIII SMP Pondok MODERN Slamet Kendal pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Tahun 2010/2011 ( http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20284 ) Sabtu 7 Januari 2017 pukul 14.23

Nurhayati, Eni. 2010. Teori Ringkas Latihan Soal dan Pembahasan IPA SD KELAS IV,V,V1. Yogyakarta: Pustaka Belajar

PlumX Metrics

Published

2018-12-13