Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Membentuk Rasa Percaya Diri Di Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah Colomadu

Authors

  • Puspalangit Pratika Bahari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Buddy Riyanto
  • Estu Widiyowati

Abstract

Pendidikan luar biasa bisa dikatakan sebagai pendidikan dengan
suatu sistem yang memberikan layanan kepada pendidikan anak
berkebutuhan khusus yang belajar bersama dengan anak sebayanya di
sekolah umum. Sekolah ini merupakan satu dari dua sekolah luar biasa di
Colomadu. Dalam proses kegiatan pemberian materi dan pengajaran ,
guru akan lebih ditantang dalam memberikan cara khusus untuk dapat
mengatasi bermacam bentuk kelainan perilaku yang akan muncul, agar
materi yang telah diberikan dapat diterima. Komunikasi interpersonal
juga merupakan alat efektif jenis penelitian deskriptif dengan metode
kualitatif, dimaksud untuk membuat deskripsi , gambaran secara
sistematis , faktual dan akurat mengenai suatu objek, suatu kondisi serta
fenomena yang diselidiki.pola komunikasi interpersonal guru dan siswa
bekebutuhan khusus menggunakan pola komunikasi primer dengan
menggunakan lambang verbal dan non verbal seperti menggunakan
bahas lisan dengan pengucapan yang pelan – pelan ( bahasa oral ) dan
gerakan tubuh (mimik wajah) secara tatap muka langsung dengan para
siswa berkebutuhan khusus.Komunikasi guru dan anak berkebutuhan
khusus adalah model interaktif dengan menggunakan media interaktif
yang dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan tidak
membosankan dan kondusif yang dimana proses komunikasi guru dan
siswa terjadi umpan balik , jika guru bertanya siswa dapat memberikan
respon mengerti atau tidak mengerti maksud dari yang telah disampaikan
oleh guru. Melalui pola komunikasi primer dan model interaktif inilah
guru dapat cukup efektif dalam membentuk rasa percayadiri siswa
berkebutuhan khusus lewat pola komunikasi interpersonal yang
dilakukan secara terus menerus saat proses pembelajaran agar dapat
membantu siswa berlatih mengembangkan percaya diri dan bertambah
kosa kata , berani berdiskusi dengan teman yang lain ,memungkapkan
perasaaan yang mereka rasakan serta menjeaskan ulang materi yang
disampaikan , dan berani berkomunikasi dengan orang lain dilingkungan
keluarga dan masyarakat.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Anak Berkebutuhan Khusus,Sekolah
Luar Biasa,Guru, Percaya Diri

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Bahari, P. P., Riyanto, B., & Widiyowati, E. (2024). Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Membentuk Rasa Percaya Diri Di Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah Colomadu. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9661

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3