Efektivitas penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi pada Channel YouTube Diskominfo Boyolali

Authors

  • Anan Septia Machidhar Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

  • Media sosial YouTube adalah situs website yang dibuat untuk mengupload video 
  • yang dapat kita bagikan dengan penonton di Internet. Dengan adanya yang sudah 
  • mengupload (upload) video, kita bisa melihatnya tanpa harus menunggu lama untuk 
  • mendownload. Menarik, karena YouTube juga disediakan fitur siaran langsung. 
  • Penonton bisa langsung mengomentari dikolom yang disediakan, inilah yang 
  • membedakan TV dengan YouTube. Keberadaan YouTube juga menjadi media sosial 
  • yang paling dibutuhkan masyarakat, karena memuat segala jenis video mulai dari 
  • hiburan, tips dan trik hingga berita terbaru.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas
  • penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi pada 
  • Channel Diskominfo Boyolali, dengan melihat kebutuhan informasi dari 
  • masyarakat dan proses pembuatan video sampai pada penguploadan. Penelitian ini 
  • menggunakan teori new media dari Denis McQuail, dimana media sosial YouTube
  • digunakan sebagai media penyebaran informasi. Jenis penelitian ini adalah
  • deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian Dinas Komunikasi dan Informatika 
  • Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan 
  • dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif secara 
  • kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
  • Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Kominfo Kabupaten 
  • Boyolali menyebarkan informasi dengan mengedepankan konten yang bersifat
  • penting seperti kesehatan, ekonomi dan pariwisata. Channel YouTube Diskominfo 
  • Boyolali merupakan inovasi terbaru dari Pemkab Boyolali yang dibuat tahun 2017. 
  • Efektivitas penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi 
  • sudah baik dilihat dari tingkat kepahaman masyarakat mengenai isi berita yang 
  • lengkap dan akurat, kemudian respon masyarakat yang positif dengan terus
  • bertambahnya jumlah subscriber Channel YouTube Diskominfo Boyolali.
  • Kata Kunci : Efektivitas, Penyebaran Informasi, Channel YouTube Diskominfo 
  • Boyolali.Media sosial YouTube adalah situs website yang dibuat untuk mengupload video
    yang dapat kita bagikan dengan penonton di Internet. Dengan adanya yang sudah
    mengupload (upload) video, kita bisa melihatnya tanpa harus menunggu lama untuk
    mendownload. Menarik, karena YouTube juga disediakan fitur siaran langsung.
    Penonton bisa langsung mengomentari dikolom yang disediakan, inilah yang
    membedakan TV dengan YouTube. Keberadaan YouTube juga menjadi media sosial
    yang paling dibutuhkan masyarakat, karena memuat segala jenis video mulai dari
    hiburan, tips dan trik hingga berita terbaru.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas
    penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi pada
    Channel Diskominfo Boyolali, dengan melihat kebutuhan informasi dari
    masyarakat dan proses pembuatan video sampai pada penguploadan. Penelitian ini
    menggunakan teori new media dari Denis McQuail, dimana media sosial YouTube
    digunakan sebagai media penyebaran informasi. Jenis penelitian ini adalah
    deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian Dinas Komunikasi dan Informatika
    Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
    dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif secara
    kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Kominfo Kabupaten
    Boyolali menyebarkan informasi dengan mengedepankan konten yang bersifat
    penting seperti kesehatan, ekonomi dan pariwisata. Channel YouTube Diskominfo
    Boyolali merupakan inovasi terbaru dari Pemkab Boyolali yang dibuat tahun 2017.
    Efektivitas penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi
    sudah baik dilihat dari tingkat kepahaman masyarakat mengenai isi berita yang
    lengkap dan akurat, kemudian respon masyarakat yang positif dengan terus
    bertambahnya jumlah subscriber Channel YouTube Diskominfo Boyolali.
    Kata Kunci : Efektivitas, Penyebaran Informasi, Channel YouTube Diskominfo
    Boyolali.

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Machidhar, A. S. (2022). Efektivitas penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi pada Channel YouTube Diskominfo Boyolali . Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6840

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3